Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Pengusaha China Jual Kemiri Indonesia di Negaranya

Ilustrasi: Kemiri. (Pinterest)

Seorang pengusaha di China mengimpor kemiri Indonesia untuk dipasarkan kepada masyarakat setempat untuk mengulangi kesuksesannya berjualan santan instan yang diimpor dari Indonesia.

CHINA-KABARE.ID: Seorang pengusaha di China memperkenalkan buah kemiri yang diimpor dari Indonesia kepada masyarakat setempat. Uniknya, pengusaha tersebut justru tidak begitu paham manfaat dan kegunaan kemiri.

"Saya coba saja. Kemarin saat pulang dari Indonesia, saya bawa 100 kilogram," kata General Manager Shanghai Simao International Trade Co Ltd, Mike Shao, di Beijing, Rabu (9/5), dikutip antaranews.com.

Shao mengatakan, ketika mitranya di Indonesia menawari, ia langsung bersedia membawa dan mencoba memasarkannya di China. "Setelah saya pikir-pikir, ternyata boleh juga. Akhirnya saya bawa, walaupun dalam jumlah yang sangat terbatas," ujarnya.

Shao sudah lama berdagang produk-produk makanan mentah dan bumbu kemasan buatan Indonesia di China, seperti kerupuk udang, kecap, sambal, dan santan. Sebelumnya dia berhasil memperkenalkan santan instan buatan Indonesia ke seluruh daratan Tiongkok.

Pada awal-awal memperkenalkan santan instan cair, banyak warga Tiongkok mengira sebagai minuman karena kemasannya berbentuk kotak, mirip dengan kemasan jus kelapa yang diproduksi di Hainan, pulau tropis di selatan daratan China.

"Setelah saya jelaskan bahwa santan ini untuk pelengkap masakan, mereka baru tahu. Dari situ orang akhirnya mengenali santan buatan Indonesia. Bahkan ada pembeli yang mengaku menggunakan santan buatan Indonesia karena lebih sedap daripada buatan Thailand dan Malaysia," katanya.

Ia berharap upayanya memperkenalkan kemiri bisa mengulangi keberhasilannya memperkenalkan santan buatan Indonesia itu.

"Terus terang, saya sendiri tidak begitu mengerti kegunaan kemiri ini. Yang saya tahu, di Indonesia ditumbuk jadi bumbu masakan. Tapi, saya yakin kelak orang sini tahu manfaat dari kemiri karena di sini tidak ada buah seperti ini," ujar Shao.

Dilansir dari okezone.com, kemiri punya fungsi tersendiri ketika dicampur ke dalam masakan, salah satunya sebagai pengental alami yang membuat tekstur makanan jadi lebih legit.

"Kemiri itu bisa membuat masakan jadi lebih "nyemek" kalau istilah bahasa Jawa," kata Chef Nanda Young.

Kemiri biasanya digunakan sebagai bumbu pada sayur lodeh, opor ayam, dan beberapa jenis sambal. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post