Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Pengrajin Dekranasda Seluruh Indonesia Memeriahkan Kriyanusa 2018

Pengunjung melihat-lihat hasil kerajinan di salah satu stan Pameran Kriyanusa 2018, di JCC, Jakarta, Rabu (26/9/2018). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

Pameran Kriyanusa 2018 diikuti Dewan Kerajinan Nasional dan Daerah (Dekranasda) seluruh Indonesia yang memfasilitasi perajin di wilayah masing-masing. Kalangan BUMN dan kementerian juga memberi dukungan dan memfasilitasi mitra binaannya guna terlibat menyemarakkan acara tahunan tersebut.

JAKARTA-KABARE.ID: Hasil kerajinan para pengrajin binaan Dewan Kerajinan Nasional dan Daerah (Dekranasda) seluruh Indonesia ditampilkan dalam pameran Kriyanusa di Balai Sidang Jakarta/ Jakarta Convention Center (JCC) mulai 26-30 September 2018.

Mengusung tema “Tingkatkan Sinergitas dan Kreativitas Wirausaha Milenial”, pameran ini dimeriahkan 313 stan kriya dan 21 stan kuliner. Stan-stan tersebut terdiri atas 172 stan Dekranasda, 37 stan kementerian dan BUMN, 76 perajin individu, dan beberapa stan ikonik serta desainer.

Aneka kerajinan berbahan dasar kerang laut yang bisa ditemukan di Pameran Kriyanusa 2018. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

 

Pameran Kriyanusa 2018 adalah agenda tahunan yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Tahun ini Dekranas mengusung ikon daerah Nusantara dari Aceh berupa motif Pucuk Rebung sebagai dasar desain publikasi.

“Dekranas ingin memberikan ruang bagi perajin Indonesia untuk menampilkan produk-produk unggulannya sekaligus memperkenalkan hasil kerajinan daerah ke masyarakat yang lebih luas," ujar Triana Rudiantara, selaku Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi Kriyanusa 2018, di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Salah satu stan di Pameran Kriyanusa yang menampilkan aneka kain tradisional Indonesia. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)


Berbeda dari pameran sebelumnya, tahun ini Dekranas mencoba mendorong para desainer daerah untuk berkolaborasi dengan desainer ternama di Indonesia.

Ketua Pelaksana Bidang Acara Pameran Kriyanusa 2018, Bintang Puspayoga mengemukakan, ada 10 perancang busana daerah dan 10 desainer nasional yang terlibat dalam Kriyanusa 2018.

Baca juga: Memupuk Budaya Gotong Royong Melalui Program Gizi Anak Sekolah

Beberapa desainer lokal pilihan Dekranas, berasal dari Sintang, Sabu, Cual, Donggala, Tuban, dan Ulap Doyo. Sementara itu, perancang busana ternama yang dipilih Dekranas untuk mendampingi desainer daerah, antara lain Ghea Pangabean, Oscar Lawalata, Didit Maulana, Carmanita, dan Naniek Rahmat.

"Misi utama dari kolaborasi ini agar para perancang busana di daerah dapat menambah wawasan dan meningkatkan kreativitas dalam berkarya," kata Bintang.

Iriana Joko Widodo (kedua kanan), didampingi Mufidah Jusuf Kalla (kanan) dan Tuti Sutiawati Try Sutrisno (ketiga kanan) menyaksikan pagelaran busana pada pembukaan Pameran Kriyanusa 2018. (Antara Foto/Puspa Perwitasari)


Sebelumnya, Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara pembukaan pameran yang digelar pada Rabu (26/9) pagi. Dalam acara tersebut, Iriana didampingi oleh Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla.

Pembukaan pameran Kriya Nusa 2018 turut dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, serta Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, dan para duta besar negara sahabat. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post