Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Penerima Bantuan Pemerintah di Gorontalo Wajib Berkebun

Foto: istimewa

Setiap penerima bantuan program Pemerintah Provinsi Gorontalo wajib berkebun menanam sayuran, buah-buahan dan rempah-rempah.

GORONTALO – KABARE.ID: Setiap penerima bantuan pemerintah di Provinsi Gorontalo diwajibkan untuk berkebun di pekarangan rumahnya. Upaya ini dilakukan untuk mendorong produktivitas masyarakat.

Salah seorang penerima bantuan, Jerman Rahman, Warga Desa Tualango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo telah menanami pekarangannya dengan batang bawang, cabai, tomat dan sayuran lainnya. Jerman adalah calon penerima bantuan sepeda motor berkotak pendingin (cool box) melalui Dinas Perikanan Gorontalo.

“Mulai tahun 2020 ini saya mempersyaratkan setiap penerima bantuan program Pemerintah Provinsi Gorontalo wajib berkebun menanam sayuran, buah-buahan dan rempah-rempah. Jadi bapaknya dapat motor untuk jualan ikan, istrinya berkebun. Bibit dan polybag-nya kita bantu gratis,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa (2/6/2020).

Kewajiban berkebun ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Bahkan untuk menguatkan program berkebun ini, Rusli Habibie mewajibkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah untuk bergerak melakukan pembinaan satu kecamatan satu pendampingan.

Bahkan sekolah SMA/SMK dan SLB juga mulai diwajibkan bercocok tanam melibatkan guru dan siswa. Menurut Rusli Habibie berkebun buah, sayur atau rempah-rempah di pekarangan tidak membutuhkan tanah yang luas. Dengan sistem menanam di polybag atau media lainnya, warga dapat melakukannya di lahan sempit di samping rumah.

Tidak hanya Jerman Rahman, Raden Katili, calon penerima bantuan serupa di Kelurahan Lekobalo, Kota Barat, Kota Gorontalo pun sudah menanami aneka tanaman di samping rumah. “Tidak sulit untuk menanam, kami senang dengan program ini. Ternyata di samping rumah bisa ditanami cabai, kegiatan ini sangat membantu dan menyenangkan,” kata Raden Katili, warga Lekobalo.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah membantu banyak pedagang ikan dengan bantuan sepeda motor bermesin pendingin. Program yang bergulir sejak 2013 ini sukses membantu 477 penjual ikan keliling yang sebelumnya hanya menggunakan sepeda pancal.  Pada 2020 ada 60 unit sepeda motor yang telah disiapkan pemerintah. (*)

 

Sumber: Kompas.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post