Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Pendekar Silat di Padang Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Foto: Istimewa/ infopublik.id

Sejumlah anggota Perguruan Silat Hati Terate (PSHT) bersama masyarakat dan aparat Kelurahan Seberang Palinggam di Padang, Sumatera Barat bergotong-royong membersihkan sampah di lingkungan sekitar mereka tinggal.

PADANG - KABARE.ID: Sejumlah anggota Perguruan Silat Hati Terate (PSHT) bersama masyarakat dan aparat Kelurahan Seberang Palinggam gotong-royong membersihkan sampah di lingkungan sekitar, Minggu (20/12/2020).

Keterlibatan PSHT Rayon Seberang Palinggam ini merupakan wujud peran sertanya dalam mendukung program pemerintah kelurahan terutama menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Seberang Palinggam Suardi, peran serta dan dukungan dari segenap lapisan elemen dalam masyarakat sangat dibutuhkan dalam mewujudkan kelurahan menjadi bersih, rapi dan asri.

"Kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua," ujar Suardi.

Ia menambahkan, lingkungan yang bersih dan asri akan menimbulkan rasa nyaman bagi warga dan indah bagi mata yang memandang. Selain itu juga dapat menambah semangat kerja serta melahirkan inovasi dan inspirasi kreatif.

Namun sebaliknya lingkungan yang kotor dan semrawut, selain tidak sedap dipandang juga merupakan sumber berbagai penyakit.

"Sampah yang berserakan, saluran air yang tersumbat serta genangan air merupakan sumber utama penyakit seperti penyakit kulit, malaria maupun penyakit lainnya," tambah Suardi.

Untuk itu ia berharap kegiatan bersih lingkungan seperti ini dapat terus dilakukan. Untuk itu ia meminta RT/RW mampu berperan menggerakkan warganya untuk ikut aktif menjaga kebersihan dimulai dari lingkungan rumah masing-masing.

Ketua RT 02 RW 01 Nobert Fanotona Giawa mengatakan, saat ini kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan termasuk kebersihan sungai sudah mulai meningkat.

"Warga setiap hari kita himbau untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai, selain itu kita juga sudah membentuk Komunitas Peduli Sungai yang bertugas ikut mengawasi. Agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampahnya ke sungai, serta membantu dinas terkait dalam membersihkan kawasan sepanjang Batang Arau," terangnya.

Pada gotong royong kali ini, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang turut membantu dengan menurunkan personil serta mobil pengangkut sampah. (MC Padang/RA/Irwan Rais/toeb).

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post