Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Pemuda dari 40 Negara Sahabat Ikut Memeriahkan Pagelaran Seni Indonesia Channel 2019

Sekelompok pemuda dari negara sahabat menampilkan tari tradisional Indonesia di Pergelaran Seni Indonesia Channel 2019. (Foto: Kemlu RI)

Pergelaran Seni Indonesia Channel 2019 menampilkan kebolehan 72 pemuda dari 40 negara sahabat, termasuk Indonesia dalam menari, bermain musik dan melantunkan tembang tradisional dalam suguhan sendra seni budaya kolosal.

JAKARTA – KABARE.ID: Sebanyak 72 pemuda dari 40 negara sahabat menampilkan kebolehannya bermain musik tembang tradisional dalam suguhan sendra seni budaya kolosal di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (13/8/19).

Mereka tampil dalam acara Pergelaran Seni Indonesia Channel (Inchan) 2019. Pergelaran Inchan 2019 adalah bagian penutup dari program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Program BSBI merupakan program tahunan Kementerian Luar Negeri RI dan telah dilaksanakan sejak tahun 2003 dan hingga saat ini memiliki 920 alumni dari 77 negara. Inchan 2019 mengangkat tema “Mosaic of Indonesia”, representasi warna-warni Bhinneka Indonesia: multietnik dan tradisi, multireligi dan kepercayaan, multi-bahasa yang berharmoni dalam payung kesatuan-Indonesia.

“Melalui program ini, kami ingin terhubung, membuat ikatan, dan membangun jaringan Kawan Indonesia atau Friends of Indonesia, yang disatukan oleh kecintaan kita pada seni dan budaya dan semangat kita dalam mempromosikan perdamaian, toleransi dan harmoni,” ujar Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi saat membuka pergelaran Inchan 2019 di Banyuwangi, kemarin.

Selama tiga bulan, 72 peserta BSBI tersebut tinggal di tengah masyarakat Indonesia di enam kota, yakni Yogyakarta, Bali, Makassar, Padang, Kutai Kartanegara dan Banyuwangi. Para peserta belajar seni budaya, adat istiadat, kearifan lokal, Bahasa Indonesia dan turut serta dalam sejumlah festival budaya yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat.

Para peserta BSBI 2019 telah belajar di sejumlah sanggar seni dan budaya seperti, sanggar Syofyani di Padang, Gubang Art Community di Kutai Kartanegara, Kazaki Art School di Makassar, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Sanggar Semarandana di Bali, dan Sanggar Sayu Gringsing di Banyuwangi.

Program BSBI dan Inchan 2019 bertujuan untuk melatih dan memetakan talenta pemuda dunia untuk berperan dalam pembangunan masyarakat global yang damai dan cinta perbedaan/pluralisme. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post