Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Pemprov Jatim Siapkan Lahan 72 Hektare untuk Bumi Perkemahan Pramuka

Pencanangan pembangunan bumi perkemanan dan pusdiklat pramuka Jawa Timur, Senin (28/10/2019). (Foto: Kemendagri RI)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan lahan seluas 72 hektar di Desa Kambingan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik untuk dijadikan bumi perkemahan dan pusat pendidikan dan pelatihan pramuka.

SURABAYA – KABARE.ID: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa hingga saat ini Jawa Timur belum memiliki bumi perkemahan khusus, apalagi yang terintegrasi dengan pusdiklat. Padahal itu penting dalam pengembangan diri dan kegiatan pramuka.

"Bumi perkemahan ini ke depan bukan hanya untuk pramuka saja. Tapi juga bisa untuk latihan pengembangan diri lembaga pendidikan, perkantoran, maupun organisasi masyarakat dan kepemudaan," ucap Khofifah, dalam keterangan resmi yang dikutip Kabare, Rabu (30/10).

Khofifah menjelaskan bahwa bumi perkemahan itu nantinya dapat menampung sekitar 10.000 orang. Tidak hanya untuk perkemahan dan pusdiklat, tetapi di dalam kawasan bumi perkemahan juga akan dilengkapi dengan taman keanekaragaman hayati.

Harapannya, taman tersebut bisa menjadi pusat agro dan sarana edukasi serta hiburan bagi masyarakat sekitar. Sejumlah jenis pohon yang ditanam antara lain pohon namnam, sawo, jambang, matoa, kersen (ceri), dan pohon lainnya.

"Selain itu, saya ingin diperbanyak pohon trembesi untuk bisa ditanam di sini supaya bisa menyimpan cadangan air," kata Khofifah. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post