Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Pemkab Lumajang Buat Gerakan Ngeranut Tonggo untuk Melawan Covid-19

Foto: MC Kabupaten Lumajang

Gerakan Ngeramut Tonggo adalah inisiatif masyarakat yang ingin membantu tetangga yang terkena dampak virus corona.

LUMAJANG - KABARE.ID: Masyarakat Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, diajak untuk ikut berperan bersama-sama dengan pemerintah dalam penanganannya mengantisipasi penyebaran, dan dampak virus corona atau Covid-19 melalui Gerakan Ngeramut Tonggo (Merawat Tetangga).

“Kami harapkan peran serta masyarakat, mulai organisasi kemasyarakatan dan komunitas yang ada di Kabupaten Lumajang untuk bergerak bersama-sama dalam mengantisipasi penyebaran dan dampak yang ditimbulkan Covid-19, khususnya pada sektor sosial dan ekonomi,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat pemberangkatan penyaluran bantuan logistik, di Gedung Olahraga Wira Bakti Lumajang, Senin (6/4/2020).

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini yang juga harus dipikirkan adalah upaya penyelesaian dampak akibat Covid-19 bagi kalangan sektor informal. Oleh karena itu, pihaknya menyediakan GOR Wira Bakti Lumajang sebagai posko yang dapat digunakan sebagai pusat kegiatan Gerakan Ngeramut Tonggo, baik dalam pengumpulan bantuan maupun aktivitas lainnya.

"Gerakan ini adalah gerakan untuk peduli kepada tetangga, kepada sesama yang terkena dampak secara ekonominya. Gerakan ngeramut tonggo ini adalah inisiatif dari banyak masyarakat yang ingin membantu kepada sesamanya yang terkena dampak atas terjadinya virus corona," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk saat ini bantuan akan difokuskan dalam bentuk beras. Sementara beras yang sudah terkumpul akan dikemas dalam kemasan lima kilogram, yang kemudian akan didistribusikan kepada masyarakat terdampak.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menerangkan bahwa pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membantu sesama, apalagi dalam situasi seperti ini banyak masyarakat yang membutuhkan.

"Berbagi itu indah, maka kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Lumajang yang berkemampuan lebih, lihatlah tetangga kanan, kiri, depan, belakang. Kami yakin, kalau kita berbagi rezeki kita akan dilipat gandakan," terang dia.

Menurutnya, gerakan tersebut dapat membuka peluang bagi masyarakat yang ingin berbagi kepada sesama. Dan, posko Gerakan Ngerumat Tonggo akan siap menerima bantuan baik dalam bentuk beras ataupun uang yang nantinya juga akan dibelikan beras. (*)


 

Sumber: MC Kabupaten Lumajang

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post