Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Pemkab Lamongan Gelar Festival Sego Boranan

Seorang pemburu kuliner menikmati nasi boran khas Lamongan. (Istimewa)

Sego boranan adalah nasi yang diletakkan dalam wadah bambu (boran) dan kerap dihidangkan dalam pincuk daun pisang dengan beragam lauk pilihan.

LAMONGAN-KABARE.ID: Pemerintah Kabupaten Lamongan akan menggelar Festival Sego Boranan, yakni makanan khas daerah tersebut, dengan menyiapkan 15 ribu porsi sego baronan di Alun-alun pusat kota Lamongan, Sabtu 26 Mei 2018.

Bupati Lamongan, Fadeli mengatakan, festival digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Lamongan ke-449. Festival ini menggandeng 150 pedagang sego boranan dengan masing-masing pedagang menyiapkan 100 pincuk sajian yang bisa dinikmati masyarakat untuk berbuka puasa.

"Penataan penjual Sego Boranan akan dibuat sedemikian rupa sehingga menarik," kata Fadeli di Lamongan, Rabu (23/5), dikutip antaranews.com.

Ia menambahkan, Festival Sego Boranan ini kali pertama digelar. Sego baronan merupakan kuliner khas Lamongan yang telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari sosial kultur masyarakat Lamongan.

"Rencananya banyak warga Lamongan dari perantauan atau luar negeri akan tiba dan mereka secara khusus mudik ke Lamongan untuk bisa hadir dan menjadi bagian dalam festival ini," katanya.

Sego boranan adalah nasi yang diletakkan dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu (boran) dan kerap dihidangkan dalam pincuk daun pisang dengan beragam lauk pilihan, mulai ikan gabus, bandeng, ayam, hingga yang paling khas ikan sili asap.

Nasi dan lauk dalam menu sego boranan dilumuri dengan sambel boran yang terkenal pedas, didampingi toping sayur kerawu, empok, dan rempeyek. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post