Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi 2021 di Kisaran 5,0 Persen

Ilustrasi: Istimewa

Pemerintah optimis proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2021 berada pada kisaran 5,0 persen.

JAKARTA - KABARE.ID: Merujuk proyeksi tiga lembaga internasional, yakni International Monetary Fund (IMF) menyebutkan ekonomi Indonesia akan tumbuh mencapai 6,1 persen di tahun 2021, sementara Word Bank menyebutkan ekonomi Indonesia tahun depan akan tumbuh 3,0 hingga 4,4 persen, dan Asian Development Bank (ADB) menyebutkan ekonomi Indonesia akan tumbuh mencapai 5,3 persen.

"Dalam APBN 2021, kita menggunakan asumsi pertumbuhan pada kisaran 5,0 persen," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam diskusi bertajuk "Bertahan dan Bangkit di Masa Pandemi" yang diselenggarakan pada Media Center KPCPEN di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Selasa (6/10/2020).

Faktor utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan antara lain kebijakan dalam penanganan Covid-19, dukungan ekspansi fiskal melanjutkan program pemulihan ekonomi nasional (PEN), akselarasi reformasi, dan pertumbuhan ekonomi global.

Pengendalian Covid-19 harus dilakukan dengan baik oleh seluruh pemangku kepentingan, khususnya kepatuhan masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan harus dilakukan secara disiplin. Kemudian, ketersediaan vaksin virus global ini dapat dipastikan diterima masyarakat. "Faktor yang cukup membuat kita bisa optimis dan bergerak lagi," katanya.

Kemudian, pertumbuhan ekonomi global menjadi penyebab yang harus diperhatikan secara khusus. Pemerintah harus mencari rekan kerjasama yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik, agar dapat membawa dampak positif bagi negara. "China adalah salah satu negara dengan recovery yang cepat, trading partner seperti negara itu akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi," tuturnya. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post