Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Pemerintah Kirim 120 Nelayan Pantura ke Natuna

Foto: IST

Pemerintah akan mengirim sekitar 120 nelayan ke Laut Natuna. Para nelayan itu akan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di utara Pulau Natuna.

JAKARTA – KABARE.ID: Pemerintah akan mengirimkan nelayan - nelayan Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa untuk menangkap ikan di Laut Natuna untuk mencegah eksploitasi dari China.

"Berdasar hukum internasional perairan yang mereka (China) masuki itu adalah perairan sah kita, Indonesia, dan kita yang berhak mengeksplorasi maupun mengekploitasi kekayaan laut yang ada di situ, termasuk 200 meter bawahnya dari dasar perairan itu. Sekarang dimasuki karena kita kurang hadir di sana," ujar Menko Polhukam Mahfud Md saat menerima 120 nelayan Pantura di Kemnko Polhukam, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Mahfud menegaskan bahwa pemerintah akan mejaga kedaulatan Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan nelayan - nelayan Indonesia untuk menangkap ikan di wilayah Natuna. "Dan mungkin pada gilirannya daerah lain di luar Pantura untuk beraktivitas kekayaan laut mencari ikan, dan sebagainya di sana," tutur Mahfud.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu menyebut pemerintah terus akan hadir di Laut Natuna. "Nah hari ini saya menerima dari salah satu wilayah Pantura sekitar 120 orang yang mendahului, yang mereka menyatakan siap melakukan aktivitas kenelayanan di sana untuk melaksanakan perintah Presiden bahwa kita hadir di sana dan itu adalah milik kita," kata dia.

Mahfud mengatakan pemerintah akan memberikan fasilitas terhadap nelayan yang akan beraktivitas di Laut Natuna. "Saudara akan dilindungi oleh negara, tidak akan ada tindakan-tindakan fisik yang mengancam Saudara. Yang penting Saudara nyaman di situ, negara nantinya akan mengawal kegiatan Saudara di situ," ungkapnya. (*)

 

Sumber: Detik.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post