Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Pemerintah Dorong Desa Bawomataluo Nias Jadi Warisan Dunia UNESCO

Ilustrasi: Festival Budaya Nias di Jakarta, Minggu (12/2/2017). (Antara Foto/ Akbar Nugroho Gumay)

Usulan untuk mengajukan desa Bawomataluo di warisan dunia UNESCO disampaikan dalam Seminar International on Nias Heritage 2019 di Gunungsitoli, yang merupakan rangkaian kegiatan Sail Nias 2019.

NIAS SELATAN – KABARE.ID: Pemerintah berencana mengajukan desa tradisional Bawomataluo di Kabupaten Nias Selatan menjadi warisan dunia UNESCO.

Seperti diketahui, desa Bawomataluo memiliki tradisi unik yakni lompat batu. Tradisi tersebut hanya bisa ditemukan di Kepulauan Nias khususnya desa Bawomataluo yang masih melestarikannya hingga saat ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, dengan masuknya desa Bawomataluo dalam situs warisan budaya UNESCO, akan meningkatkan jumlah wisatawan asing ke kepulauan Nias.

"Kita ini mau menjadikan (desa Bawomataluo) warisan dunia UNESCO, kalau itu menjadi warisan dunia UNESCO maka akan ada di website UNESCO dan ini akan menjai tujuan turis," ujarnya di Nias Selatan, Sabtu (14/9/19).

Dalam kesempatan itu, Luhut juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo yang menitipkan beberapa hal untuk pemerintah Daerah se-kepulauan Nias. 

"Presiden menitipkan pesan pada pemerintah daerah untuk berfokus pada dua potensi terbesar di pulau Nias yaitu pariwisata dan perikanan," pungkas Menko Luhut. (*/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post