Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Pemerintah dan Bank Indonesia Luncurkan Uang Baru dengan Gambar Pahlawan

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo saat peluncuran di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (19/12). (Antara Foto/Yudhi Mahatma)

Bank Indonesia secara resmi meluncurkan tujuh pecahan uang Rupiah kertas dan empat pecahan uang Rupiah berbahan logam, bergambar Pahlawan Nasional dengan desain baru.

Jakarta - Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta keluarga pahlawan yang termuat dalam uang rupiah baru tahun emisi 2016 menghadiri peluncuran uang baru di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (19/12).

Uang rupiah yang diluncurkan antara lain pecahan Rp100 ribu (gambar utama Ir Soekarno dan Mohammad Hatta), Rp50 ribu (gambar utama Ir. H. Djuanda Kartawidjaya), Rp20 ribu (gambar utama G.S.S.J Ratulangi), Rp10 ribu (gambar utama Frans Kaisiepo), Rp5 ribu (gambar utama K.H Idham Chalid), Rp2 ribu (gambar utama Mohammad Hoesni Thamrin) dan Rp1 ribu (gambar utama Tjut Meutia), pecahan logam, mulai dari Rp1 ribu (gambar utama I Gusti Ketut Pudja), Rp5 ratus (gambar utama Letjend TNI T.B Simatupang), Rp2 ratus (gambar utama Tjiptomangunkusumo) dan Rp1 ratus (gambar utama Herman Johannes).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara menjelaskan peresmian sekaligus menandai bahwa 11 pecahan uang tersebut mulai berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Peluncuran uang baru hari ini berbarengan dengan peringatan Hari Bela Negara. Oleh karena itu BI memutuskan untuk menampilkan 12 gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama di bagian depan uang cetakan baru,” papar Tirta di Jakarta, Senin (19/12).

Tirta menambahkan, pencantuman gambar pahlawan tersebut merupakan bentuk penghargaan atas jasa yang telah diberikan bagi negara Indonesia. BI juga menampilkan gambar tari nusantara dan pemandangan alam dari berbagai daerah di Indonesia.

Editor: Baskoro

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post