Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Pemerintah Akan Bangun Kembali Kerusakan yang Terjadi di Papua

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau salah satu bangunan pemerintah yang rusak akibat aksi demontrasi anarkis, di Jayapura, Papua, Selasa (3/9), (Foto: BKP Kementerian PUPR)

Pemerintah akan memperbaiki kantor-kantor pelayanan publik, toko dan rumah penduduk yang rusak saat terjadi aksi demonstrasi di Papua yang berujung pada tindakan anarkis.

JAKARTA – KABARE.ID: Hal itu dinyatakan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat melakukan kunjungan ke Jayapura, Papua, untuk melakukan pendataan dan inventarisasi.

“Kami datang ke Jayapura untuk melihat langsung kerusakan kejadian demo kemarin. Mudah-mudahan kalau sudah diinventarisasi dan diidentifikasi bisa cepat ditangani,” kata Basuki di Jayapura, Selasa (3/9/19).

Dalam kunjungan itu, Menteri Basuki meninjau sejumlah bangunan yang rusak, antara lain Kantor Majelis Rakyat Papua, Kantor Bea Cukai Jayapura, Kantor Gra Pari Telkomsel, Kantor KPU Papua, Kantor Perum LKBN Antara dan Lapas Kelas II Abepura, Jayapura.

Selain bangunan milik Pemerintah, Menteri PUPR juga meninjau sekitar 200an kios-kios dan rumah penduduk yang mengalami kerusakan akibat peristiwa tersebut.

Menurut Menteri PUPR, untuk bangunan Pemerintah yang rusak akan direkonstruksi dengan perkiraan anggaran sebesar Rp100 miliar yang berasal dari APBN. Sementara untuk kios dan rumah penduduk yang rusak akan menggunakan dana stimulan yang berasal dari anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

“Pelaksanaannya akan diatur dengan Peraturan Presiden,” kata Basuki.

Setelah melakukan peninjauan, sore hari di Bandara Sentani, Menteri Basuki dan rombongan melakukan pertemuan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe, Kepala BNPB Doni Monardo dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw untuk pemulihan sarana prasarana serta kios dan rumah penduduk yang mengalami kerusakan. (*/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post