Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Pelajar SMA di Batu Buat Karya Seni dari Limbah Plastik

Foto: Times Indonesia

Selain lukisan, karya seni yang dibuat juga ada yang berupa busana dari plastik.

BATU - KABARE.ID: Sejumlah siswa SMA Negeri 1 Batu menggelar pameran bertajuk 'Artrastic' di Galeri Raos, Kota Batu, pada 16 - 22 Maret 2020.

Uniknya, karya seni yang dipamerkan menggunakan sampah sebagai bahan dasar dalam pembuatan karya.

Guru sekaligus pembina seni rupa SMAN 1 Batu, Deddy Iskandar mengatakan, karya seni yang dipamerkan berjumlah 45 karya dan telah melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Alasan mengambil sampah sebagai bahan dasar pembuatan karya karena sampah yang biasanya dianggap negatif oleh masyarakat dapat diubah menjadi sesuatu yang bernilai.

"Ketika kami melihat sampah yang begitu banyak mengganggu lingkungan hidup, kita coba mencari ide apa yang bisa kita gunakan untuk membuat karya seni. Akhirnya ketemu sampah yang dianggap tidak berguna itu ternyata bisa dijadikan karya seni," kata Deddy Iskandar, sebagaimana diberitakan oleh timesmalang.com, Selasa (17/3/2020).

Bahan yang digunakan banyak dari sampah plastik yang telah diproses seperti pemanasan, pengeleman, dan kemudian ditata menjadi sebuah lukisan. Selain lukisan, karya seni yang dibuat juga ada yang berupa busana dari plastik.

Sementara itu salah satu pengelola Galeri Raos Watoni mengatakan bahwa kreativitas para siswa sangat luar biasa karena para pembuat karya seni ini masih berstatus sebagai pelajar.

"Semoga mereka bisa bekerja sama antar teman untuk membuat karya yang baru dan lebih menarik lagi. Soalnya ini perlu diskusi untuk membuat sebuah karya yang menarik," ujarnya. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post