Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Pasir Timbul Meko, Pulau yang Bisa Tenggelam Saat Air Laut Pasang

Meko, pasir timbul di tengah Laut Flores Timur yang jarang orang tahu. (Foto: Kementerian Pariwisata)

Luas pulau kecil ini hanya sekitar 1 kilometer persegi. Tak ada ombak di pulau pasir itu, hanya riak-riak kecil yang menyapu pantai. Jika air laut pasang, pulau itu akan tenggelam.

FLORES-KABARE.ID: Pasir Timbul Meko yang berada di dekat Dusun Meko, Kecamatan Witihama, Pulau Andonara, Kabupaten Flores Timur, punya daya tariknya sendiri.

Gundukan pasir di tengan laut, seperti pulau kecil tak berpenguni itu punya pasir putih yang sedikit berwaran pink, kontras dengan warna laut yang biru kehijauan. Pasir warna pink itu berasal dari karang yang hancur.

Untuk berkunjung ke sini, wisatawan harus menyebrang dari Pelabuhan Pelni Larantuka di Kota Larantuka, menuju pelabuhan Tubilota di Pulau Adonara. Tiket untuk satu kali perjalanan dengan kapal motor dihargai Rp5 ribu dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Dari pulau Adonara, lanjut menuju Meko menggunakan mobil sewaan, karena di sini masih minim transportasi umum. Sementara waktu tempuh menuju Dusun Meko kira-kira 2 jam perjalanan.

Dusun Meko dihuni oleh suku Bajo yang mata pencahariannya sebagai nelayan. Mereka hidup dari hasil menangkap ikan, menggunakan sampan kecil dan menebar jaring. Setelah sampai di Dusun Meko, warga setempat bisa mengantarkan wisatawan ke Pasir Timbul Meko dengan menyewa perahu nelayan bertarif Rp400 ribu untuk perjalanan pulang-pergi.

Cukup mahal, namun sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah berupa terumbu karang yang bewarna warni, pemandangan Gunung Boleng, Bukit Sandosi, Lembata, dan gunung api. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post