Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Pasar Ikan Modern Muara Baru Jadi Percontohan Program Nasional

Pasar Ikan Modern Muara Baru, di Jakarta Utara. (Foto: JAY/Humas Setkab)

Presiden Jokowi menginginkan pasar ikan modern Muara Baru di Jakarta Utara menjadi percontohan program pembangunan pasar ikan di Indonesia.

JAKARTA-KABARE.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara, yang merupakan pasar ikan modern pertama di Indonesia, pada Rabu (3/3) malam. Jokowi menyebutkan, usai direvitalisasi Pasar Ikan Muara Baru yang tadinya bau, becek, dan tidak nyaman itu kini sudah menjadi bangunan yang super modern.

“Ya memang ini sebetulnya pasar ikan modern ke depan untuk seluruh provinsi, ini dipakai sebagai contoh nantinya pembangunan di provinsi-provinsi yang lain, termasuk fasilitas di dalamnya,” kata Jokowi.

Menurutnya, fasilitas foodcourt, cool storage, dan sanitasi, di dalam PIM Muara Baru sudah sesuai standar internasional. Namun yang lebih penting, kata Jokowi, adalah merubah budaya menjadi lebih bersih. “Saya nanti mau minta ke Bu Susi semua pedagang pasar pakai seragam setiap hari harus pakai seragam biar kelihatan bersihnya,” ungkap Jokowi.

Baca juga: Ikan Arsik, Kuliner Khas Toba yang Menceritakan Siklus Kehidupan

Perancangan pembangunan PIM Muara Baru itu, sudah dimulai sejak Juli 2016. Saat itu Jokowi memerintahkan Menteri Susi agar membangun pasar ikan modern yang bersih seperti yang ada di Tokyo, Jepang, yakni Tsukiji. “Jawaban Bu Menteri bisa,” kata Jokowi.

Jokowi mengakui untuk membangun pasar modern di seluruh Indonesia layaknya PIM Muara Baru, penting untuk melihat budaya sekitar. Ini penting agar pembangunan pasar tidak menghilangkan akar budaya yang ada di suatu wilayah. “Kita lihat nanti dalam hari-hari biasa seperti apa kan kelihatan, ya disesuaikanlah dengan kebiasaan budaya kita, tapi ini udah bangunan yang cakep,” ujarnya.

Baca juga: Menikmati Kuliner Ikan Gratis di Peringatan Harkannas 2018

Dalam siaran persnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan menyampaikan, bangunan PIM Muara Baru seluas 2 Ha dibangun di atas lahan sekitar 4,15 Ha dengan anggaran sebesar Rp150,69 miliar. PIM ini dibangun dengan sistem design and built oleh pelaksana PT. Pembangunan Perumahan dan Manajemen Kontruksi PT. Fajar Nusa Consultans.

PIM Muara Baru ini dapat menjadi sentra perikanan nasional yang strategis mengingat banyaknya ikan yang diperjualbelikan di pasar existing Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Muara Baru.

Tampak hadir dalam peresmian itu antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post