Monday 8 May 2015 / 22:03
  • Hingga Selasa (31/3), 1.528 orang di Indonesia Positif Covid-19, 81 orang sembuh, dan 138 meninggal.
Wisata_Kuliner

Pantai Ancol Dipenuhi Ubur-ubur, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ilustrasi: Kawanan ubur-ubur mengelilingi penyelam. Baru-baru ini, kawanan ubur-ubur menyerbu perairan Ancol. (Shutterstock)

Sejumlah ubur-ubur terlihat di dekat Pantai Ancol di Jakarta Utara pada hari Jumat, 12 Oktober 2018.

JAKARTA-KABARE.ID: Kepala Badan Maritim, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Utara Rita Nirmala memiliki penjelasan ilmiah terkait munculnya kawanan ubur-ubur di kawasan pantai Ancol, Jakarta.

"Ubur-ubur biasanya muncul ketika (sumber) makanan mereka menurun," kata Rita pada Sabtu (13/10) seperti diberitakan oleh kompas.com.

Dia menambahkan bahwa kondisi cuaca ekstrim menjadi penyebab utama penurunan sumber makanan untuk ubur-ubur. Namun, menurutnya gerombolan ubur-ubur tersebut hanya menyebar dalam waktu singkat.

Sementara itu, juru bicara Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari, mengatakan penjaga pantai Ancol telah menangkap sebagian besar ubur-ubur dan memindahkan mereka ke Seaworld Ancol.

“Mereka semua hidup. Kami membawa mereka ke Seaworld Ancol, karena kami memiliki akuarium ubur-ubur di sana,” katanya pada hari Minggu (14/10).

Rika menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sebuah tim untuk memberikan pertolongan pertama kepada pengunjung yang tanpa sengaja menyentuh ubur-ubur.

Pihaknya juga telah memasang papan peringatan di dekat pantai yang memberi tahu para pengunjung untuk menghindari sengatan yang disebabkan oleh ubur-ubur. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post