Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Pameran Buku Fotografi 2016, Mengenalkan Kembali Esensi Foto

Pengunjung melihat buku foto dalam pembukaan Pameran Buku Fotografi 2016 di Goethe-Institut, Jakarta, Selasa (01/11). (Antarafoto/Rosa Panggabean)

Pameran Buku Fotografi 2016 di Goethe-Institut yang berlangsung hingga 13 November 2016 menampilkan koleksi buku fotografi pemenang dan nominasi penghargaan Deutscherfotobuchpreis 2016, buku fotografi Indonesia, dan Jepang.

 

Jakarta - Buku foto berperan tak sekadar kumpulan karya fotografer, namun perangkat yang dapat membantu pembaca untuk memahami secara lebih mendalam tentang gagasan dari seorang fotografer. Merespon kondisi itu, Goethe Institut Indonesia menyelenggarakan pameran Buku Fotografi yang digelar mulai 1-13 November 2016 di Goethe Haus, Jakarta. Hajatan tahunan yang sudah memasuki tahun keenam ini menampilkan buku foto karya fotografer Jerman, Jepang, dan Indonesia.

Kepala Informasi dan Perpustakaan Goethe Institut Indonesia Christel Mahnke mengatakan, pameran buku foto sebagai upaya menggugah tantangan dalam cerita visual terutama bagi kalangan fotografer. Menurut dia, fotografer perlu dikenalkan kembali pada esensi sebuah foto.

"Fotografer banyak, tetapi sedikit yang bisa bercerita lewat fotonya," kata Christel di Jakarta, Selasa (01/11).

Beriringan dengan pameran Buku Fotografi 2016, Goethe Institut Indonesia mengadakan lokakarya bagi fotografer yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Lokakarya itu meliputi The Riders of Destiny bersama fotografer Romi Perbawa and Lans Brahmantyo (Afterhours Books), yang mendiskusikan perspektif seputar penciptaan ide, tata letak, dan produksi buku foto. Selain itu, lokakarya tentang konsepsi dan realisasi buku foto dilaksanakan bersama fotografer Bobby Haryanto (PannaFoto Institute) dan Andi Ari Setiadi (Geary Galeri).

Selain di Jakarta, pameran dijadwalkan akan hadir di Surabaya pada Desember 2016 di Wisma Jerman dan awal 2017 di Goethe Institut Bandung. 

Editor: Baskoro

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post