Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Pameran Adiwastra Nusantara 2019 Sasar Generasi Milenial

Stan Galeri Batik Jawa di pameran Adiwastra Nusantara 2018. (Foto: Baskoro Dien/ Kabare.id)

Mengusung tema Wastra Adati Generasi Digital, pameran Adiwastra Nusantara 2019 menyasar kalangan milenial agar lebih mencintai kain adat Nusantara.

JAKARTA-KABARE.ID: Pameran kain adat Nusantara, Adiwastra Nusantara kembali digelar untuk yang ke-11 kalinya di Jakarta.

Pameran yang digelar pada 20-24 Maret di Balai Sidang Jakarta (JCC) itu dimeriahkan 413 stan yang menampilkan kain adat dari Sabang sampai Merauke, mulai dari batik, songket, tenun, dan yang lainnya.

Ketua Panitia Pameran Adiwastra 2019, Yanti Airlangga mengatakan bahwa pameran yang telah diselenggarakan sejak 2008 ini, terus digelar untuk mengobarkan semangat kelestarian kain adat di Nusantara.

“Pameran ini ditargetkan dapat dihadiri lebih dari 40 ribu pengunjung, dengan nilai penjualan sebesar Rp45-50 miliar,” ujarnya saat membuka pameran pada Rabu (20/3/2019).

Baca juga: Alleira Angkat Motif Batik Tanaman Bawah Laut di PIFW 2019

Menurutnya, minat masyarakat terhadap kain adat terus meningkat dari tahun ke tahun, baik untuk busana, interior, maupun kebutuhan lainnya. “Kecenderungan ini kian meningkat, sejak UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda dari Indonesia tahun 2009,” ujarnya.

Lebih lanjut, istri Menteri Perindustrian itu mengatakan bahwa tren kembali ke alam banyak dianut para generasi muda, sehingga turut mendongkrak pemakaian kain adat. “Tahun ini, Adiwastra mengusung tema Wastra Adati Generasi Digital. Kami angkat sebagai salah satu upaya untuk memberikan edukasi kepada generasi milenial untuk menggunakan, mencintai, dan melestarikan kain adat,” ujarnya.

Selain dimeriahkan ribuan kain adat, pameran ini juga dimeriahkan dengan rangkaian acara, mulai dari talkshow, fashion show, lomba selendang, peluncuran buku, serta demontrasi produk unggulan. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post