Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Pakar Kuliner: Sulit Mencari Ahli Masakan Indonesia

Rendang. (Instagram/rahasiabundo)

Perlu upaya agar generasi muda tertarik untuk mempelajari makanan Indonesia.

JAKARTA-KABARE.ID: Pakar kuliner kelahiran Indonesia, William Wongso, mengatakan, saat ini sulit mencari ahli masak atau koki masakan Indonesia.

"Contohnya kalau kedutaan besar kita mencari koki masakan Indonesia, sulit sekali menemukannya," ujar dia, dalam acara "Pesona Rendang Nusantara: Mengenal Lebih Dekat Cita Rasa Rendang Indonesia" oleh Universitas Podomoro, di Jakarta, Jumat (13/7/2018), seperti dikutip Antaranews.com.

Kondisi itu berbeda dengan negara lain, contohnya untuk masakan Korea Selatan. Wongso menceritakan saat suatu kedutaan besar negara sahabat di Indonesia membuka lowongan koki, yang melamar lebih dari 20 orang dan sebagian besar adalah anak muda.

"Semua senang dengan makanan Indonesia, terutama rendang, tapi sayangnya restoran Indonesia di luar negeri tidak banyak. Berbeda dengan masakan Vietnam, yang jumlahnya mencapai 5.000 restoran di seluruh dunia," ujarnya.

Sulitnya mendapatkan bahan-bahan makanan yang asli dari Tanah Air juga perlu diupayakan oleh pemerintah agar bahan baku makanan Indonesia bisa tersebar di seluruh dunia.

Dekan Fakultas Sosial Universitas Podomoro, Dea Prasetyawati mengatakan, acara itu digelar untuk melestarikan kekayaan budaya nasional. Salah satunya melalui kepedulian dalam melestarikan cita rasa rendang.

"Kami sebagai institusi pendidikan berupaya ikut melestarikan cita rasa rendang sebagai salah satu kekayaan gastronomi Indonesia," kata Prasetyawati. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post