Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

NTT dan A.S.O Beri Pengalaman Baru Bagi Penggemar Tour de France

Para atlet sedang berlomba di kejuaraan sepeda Tour de France. (Ist)

NTT memperpanjang kemitraan dengan ASO hingga 2024.

JAKARTA-KABARE.ID: NTT, raksasa telekomunikasi Jepang, memperbaharui kemitraan dengan Amaury Sport Organisation (A.S.O.), penyelenggara Tour de France,  hingga 2024. Kemitraan ini dipelopori oleh Dimension Data, salah satu anak perusahaan NTT, pada 2015.

Dengan adanya perpanjangan perjanjian ini memungkinkan NTT untuk terus memberikan inovasi terbaru dalam meningkatkan pengalaman penggemar serta menarik generasi baru yang cakap digital.

Lima tahun menjalin kerjasama, NTT dan A.S.O. telah menjadi pemimpin dalam menggunakan teknologi canggih untuk olahraga bersepeda, hal ini telah menunjukkan bahwa penggunaan data dapat merevolusi pengalaman penggemar olahraga. Dan hal tersebut telah membuka jalan bagi NTT untuk menggunakan keahliannya dalam mendigitalisasikan bidang olahraga lainnya seperti stadion dan velodrom yang terhubung.

Tahun ini, sejumlah fitur teknologi yang diperbarui sedang diimplementasikan atau diuji untuk lebih dapat meningkatkan pengalaman penggemar, antara lain:

Grafik TV yang Ditingkatkan - memperkaya siaran televisi internasional dengan grafik baru termasuk pendalaman data dari tim data NTT, dan pemetaan 3D dari situasi lomba secara langsung.

Menguji Augmented Reality (AR) - menggunakan teknologi untuk menciptakan visi tentang bagaimana penggemar yang berada di dalam rumah dapat menonton dan berinteraksi dengan balapan di masa depan.

"Le Buzz" - model ini merupakan pembelajaran mesin baru yang diuji coba untuk pertama kalinya di Tour de France 2019. Model ini menganalisis gerakan dalam peloton untuk memprediksi setiap momen yang potensial seperti peningkatan kemungkinan kecelakaan terjadi, perpecahan di peloton, atau perubahan dalam dinamika balapan.

Prediktor "Catch the Break" - #NTTPredictor telah ditingkatkan untuk memperhitungkan berbagai strategi balapan yang dimainkan di titik-titik berbeda dalam satu stage, melalui machine learning tersendiri untuk setiap 10km dari perlombaan.

Stage Favorit – dapat memprediksi jalannya stage yang dapat diperbaharui secara langsung di seluruh tahapan balapan berdasarkan pada peristiwa yang terjadi.

Cloud platform automation - semua solusi teknologi yang digunakan di Tour De France akan memanfaatkan cloud NTT, dan dikembangkan serta didukung oleh tim global. Melalui kombinasi DevOps dan cloud automation, mampu secara gesit mengadopsi perubahan pemanfaatan teknologi berdasarkan permintaan pengguna atau disesuakani kebutuhan.

Layanan Platform Terkelola- memberikan peluang semua inovasi untuk meningkatkan pengalaman penggemar di Tour de France melalui platform yang kuat dan andal.

Yann Le Moenner, CEO di A.S.O. berkata, sejak tahun 2015, A.S.O. dan NTT telah merevolusi pengalaman menyaksikan Tour de France untuk penggemar di seluruh dunia dari berbagai jalur baik secara langsung, seluler, TV, dan media sosial.

“Selain itu, kami juga mempercepat digitalisasi Tour de France untuk melibatkan penggemar lebih muda,” ujarnya dalam ketarngan resmi yang diterima Kabare, Rabu (10/7).

Dengan meluncurkan aplikasi khusus seluler, mengembangkan platform digital yang terintegrasi untuk dapat mengikuti balapan secara real-time melalui Pusat Balap, dan membuat saluran @letourdata yang mengizinkan setiap data yang ada untuk dapat menceritakan apa yang terjadi di balapan.

“Platform analitik NTT dan “pabrik konten” yang kami kembangkan bersama memungkinkan memproduksi sekitar 2.000 konten eksklusif setiap tahun dan yang disiarkan di semua layar,” ujar dia.

“Tambahan baru adalah menambahkan fitur multi warna pada grafik, pemetaan 3D dan bahkan 'Palet' interaktif. Melalui kemitraan ini, kami yakin bahwa kami dapat senantiasa terus berinovasi dan mencapai hal-hal yang lebih besar di tahun-tahun mendatang," sambungnya.

Sejak awal kemitraan, A.S.O. telah melihat hasil yang mengesankan di semua platform digitalnya. Bahkan penggemar dimedia sosial mengalami peningkatan dari 2,7 juta pada 2014 menjadi 7 juta pada 2019, serta adanya pertumbuhan 14% yang memasuki situs web live-tracking (Pusat Balap) dari 2016 hingga 2018, dan penayangan video meningkat lebih 1000% (dari 6 juta hingga 75 juta pada platform TDF resmi).

Melalui sensor yang dipasang pada setiap sepeda, tim spesialis NTT akan menganalisis lebih lagi 150 juta titik data per tahap Tour de France dan menggunakan analisis ini untuk memberikan visualisasi data real-time harian kepada penggemar di setiap saluran resmi seperti @letourdata.

Jason Goodall, CEO NTT Ltd. menambahkan, sebagai Dimension Data, kami meningkatkan daya tarik Tour de France dan membawa para pendukungnya untuk lebih dekat kepada pengendara sepeda favorit mereka.

“Sebagai NTT, kami sekarang memasuki sebuah era inovasi yang baru dan menarik, mendorong inovasi berkelanjutan dari software-defined technologies untuk mendukung transformasi bisnis klien kami,” ujar dia.

“Kami bangga untuk terus bermitra dengan A.S.O. di panggung balapan sepeda terbesar di dunia yang melibatkan jutaan penggemar dengan berbagai inovasi yang memikat saat ini," sambungnya.

Tour de France ke-106 dimulai pada 6 Juli 2019 di Brussels dan merayakan 100 tahun Yellow Jersey. Brussels juga merupakan rumah bagi Eddy Merckx yang merupakam pemegang rekor karena memakai Yellow Jersey terbanyak. Tur berakhir di Champs-Élysées, Paris pada 28 Juli 2019.

NTT menyatukan Dimension Data dan 28 perusahaan menjadi satu bisnis. Sebagai salah satu perusahaan layanan teknologi terdepan di dunia, NTT menawarkan berbagai teknologi canggih dan layanan untuk memberikan berbagai kemampuan yang tak tertandingi.

Keahliannya dalam memberikan inovasi melalui akses program penelitian dan pengembangan yang komprehensif di Jepang tidak hanya akan meningkatkan inovasi dan nilai brand, tetapi juga memberikan dukungan keuangan yang kuat.

Untuk kedepannya, baik NTT maupun A.S.O. akan melihat berbagai kesempatan untuk mengembangkan layanan yang akan terhubung dengan penonton dimanapun, yang disebut "Smart Outdoor Stadium".

Mereka juga akan fokus pada penciptaan teknologi baru untuk menginovasi masa depan olah raga sepeda, khususnya di smart cities, dan tentunya akan terus melibatkan lebih banyak penggemar melalui inovasi digital. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post