Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Novendra Priasmoro Grandmaster Catur dari Indonesia

Novendra Priasmoro, Grandmaster Catur dari Indonesia. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

Setelah 16 tahun, akhirnya Indonesia memiliki Grandmaster catur baru. Ia adalah Novendra Priasmoro.

JAKARTA –  KABARE.ID: Novendra Priasmoro (20), atlet catur Indonesia meraih gelar Grandmaster (GM) internasional pada turnamen catur Liberec Open yang berlangsung di Ceko pada akhir Februari 2020. Selain memastikan gelar GM, Novendra juga berhasil keluar sebagai juara Liberec Open dengan mengumpulkan 8,5 poin dari sembilan babak.

Gelar GM diraih Novendra pada babak ke-7 turnamen Liberec Open setelah mencatat kemenangan untuk ketujuh kalinya secara beruntun dengan mengalahkan IM Klaudia Kulon yang memiliki rating 2335 dari Polandia pada langkah ke-25 pembukaan Serangan Trompowsky. Kemenangan ini memastikan tambahan rating 11 poin bagi Novendra untuk memenuhi persyaratan rating GM sebesar 2500 dan menjadi GM ke-8 Indonesia.

Sementara gelar juara turnamen diraih setelah bertanding selama 4,5 jam melawan Franciszek Serneck yang memiliki rating 2218 dari Polandia dengan hasil remis pada langkah ke-62 pertahanan Sisilia variasi Naga. Dengan kemenangannya di turnamen Liberec Open, Novendra mendapat tambahan 12,5 poin dan menaikkan rating ELO-nya menjadi 2502.

Novendra adalah atlet catur binaan Program UT Inspiring Youth yang digagas oleh PT United Tractors Tbk (UT) selama dua tahun terakhir. Novendra adalah GM dari Indonesia yang ke-8 dan berhasil mengakhiri penantian Indonesia selama 16 tahun untuk melahirkan GM catur baru. Gelar GM terakhir diraih oleh Susanto Megaranto pada 2004.

Frans Kesuma, Presiden Direktur PT United Tractors Tbk, mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Novendra. Ia mengatakan, UT serius dalam membina para generasi muda Indonesia, terutama atlet muda, untuk menjadi kebanggaan bangsa Indonesia di dunia internasional.

“Kami harap pencapaian Novendra dapat menginspirasi masyarakat, terutama anak-anak muda, untuk mengembangkan potensi mereka dan meraih prestasi terbaik,” kata Frans Kusuma di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Sejak 2018, UT telah melakukan pembinaan kepada dua atlet catur muda sebagai bagian dari program UT Inspiring Youth yang bertujuan untuk memajukan olahraga catur Indonesia dengan target melahirkan Grandmaster catur baru. Selama dua tahun, kedua atlet mendapat pelatihan intensif, mengikuti berbagai turnamen catur dunia serta mendapat pembekalan psikologi olahraga.

Olahraga catur dipilih karena memerlukan daya pikir yang kuat dalam hal menyusun strategi. Frans menyebut, catur adalah olahraga yang merespresentasikan keilmuan, ketika otak selalu diasah untuk bekerja maka akan melahirkan generasi yang cerdas.

"Melalui olahraga catur, kami tidak hanya ingin melahirkan Grandmaster - Grandmaster baru, tetapi juga ikut menerdaskan bangsa. Karena dengan bermain catur, fungsi otak manusia akan lebih jalan, sebab pemain diasah logika, analisa, mental dan lain - lain,” kata Frans.

Selain Novendra, atlet muda binaan UT lain yaitu Aditya Bagus Arfan (13) juga meraih prestasi baik di turnamen Liberec Open dengan meraih kemenangan atas Aneta Korosciel (1968) dari Polandia di babak ke-9 dan menduduki peringkat ke-5 dengan 6,5 poin.

Aditya berhasil mendapat tambahan 2 poin dan menaikkan rating ELO-nya menjadi 2274. Saat ini Aditya memiliki gelar Candidate Master dan diharapkan dapat meraih gelar GM pada akhir tahun 2024. 

 

Sekilas Tentang United Tractors

Frans Kesuma, Presiden Direktur PT United Tractors Tbk memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh Novendra Priasmoro. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

 

PT United Tractors Tbk (UT) dikenal sebagai distributor alat berat terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini UT memiliki lima pilar bisnis, yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan, Pertambangan Batu Bara dan Emas, Industri Konstruksi serta Energi.

Sebagai salah satu kontribusi UT terhadap pencapaian sasaran pembangunan berkelanjutan (SDGs), UT melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial (CSR) yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta tanggap darurat bencana. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post