Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Museum Batik Tiga Negeri Lasem Punya Koleksi Batik Abad ke-15

Pengrajin batik menerapkan metode tradisional 'nembok' di sebuah industri rumahan di Lasem, Jawa Tengah. Teknik ini mempertahankan warna kain dasar melalui penerapan lilin panas. (Shutterstock /Arif)

Destinasi wisata Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, menambah objek wisata budaya dengan kehadiran Museum Batik Tiga Negeri Lasem.

REMBANG-KABARE.ID: Museum Batik Tiga Negeri Lasem di Kabupaten Rembang memiliki kain batik legendaris, yang konon telah ada sejak abad ke-15.

Kain yang diberi nama Batik Tiga Negeri ini adalah jenis batik yang menggunakan tiga warna - merah, biru, dan sogan (coklat tua) - yang masing-masing diproduksi di wilayah yang berbeda. Lasem sendiri terkenal dengan pewarna merahnya.

“Museum ini didirikan karena Lasem memiliki sejarah Batik Tiga Negeri,” kata petugas humas museum, Agik NS, seperti diberitakan oleh Kompas.com, Sabtu (13/10).

Agik mengatakan bahwa salah satu bagian yang paling menarik dalam koleksi adalah sketsa-sketsa untuk Batik Tiga Negeri Tjoa Joana, yang diproduksi sebagai batik oleh pengrajin terkenal bernama Renny Maranatha Ong.

Selain masterpiece batik Tjoa tersebut, ada beberapa Batik Tiga Negeri juga yang tidak kalah menarik dipajang setelah melalui proses pembuatan selama tiga bulan, dan itu sudah dilakukan puluhan tahun.

"Dari satu roll/gelondong kain menjadi sekitar 105 batik dan para bidadari pembatik itu masih melakukan hal yang sama sampai saat ini,” kata Agik.

Baca juga: Indonesia Punya 252 Jenis Sate

Pengunjung juga dapat belajar tentang banyak tahapan yang terlibat dalam proses memproduksi batik, mulai dari kain dasar putih untuk menerapkan lilin panas menggunakan canting, mewarnai, dan proses akhir membuat batik.

Museum ini menempati suatu rumah bekas milik keluarga Tjoa, yang dahulu juga memproduksi batik tiga negeri hingga terkenal. Berdirinya museum ini atas izin dari pemilik rumah yang sekarang, Rudy Hartono.

Museum Batik Tiga Negeri Lasem berlokasi di Paviliun Omah Batik Tiga Negeri, Jalan Karangturi Gang IV nomer 7, Lasem, Kabupaten Rembang. Museum ini masih dalam soft opening hingga 14 Oktober 2018. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post