Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Molimbu, Tradisi Makan Bersam Ala Masyarakat Poso

Foto: Pesona Indonesia

Tradisi Molimbu kerap kali dilaksanakan ketika masyarakat Poso mengadakan pertemuan ataupun perayaan. Setiap keluarga membawa makanan masing-masing untuk dikumpulkan dalam satu meja, lalu disantap bersama-sama oleh siapa saja yang hadir.

JAKARTA – KABARE.ID: Molimbu merupakan tradisi santap bersama yang masih dipegang erat oleh beberapa desa di wilayah seputuran Danau Poso, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Ketika acara Molimbu dihelat, setiap keluarga akan membawa menu makanan masing-masing untuk dikumpulkan dalam satu meja hidangan lalu disantap bersama-sama oleh siapa saja yang hadir.

Makanan yang disajikan merupakan kuliner khas yang menggugah selera. Mulai dari olahan sayur hingga santapan daging dengan bumbu khas yang diambil dari kebun para warga.

Tradisi Molimbu ini kerap kali dilaksanakan ketika masyarakat desa mengadakan pertemuan ataupun perayaan. Seperti pertemuan penting antar masyarakat, syukuran hasil panen, ataupun ulang tahun desa.

Sayangnya tradisi ini hampir tergerus seiring perkembangan zaman. Menurut salah satu pemerhati budaya dan aktivis perempuan Lian Gogali, tradisi Molimbu hanya dipraktekkan di beberapa kampung atau desa di seputaran Danau Poso saja.

Hal inilah yang membuat dia dan kawan-kawan memasukan agenda Molimbu ini dalam perhelatan Festival Mosintuwu setiap tahunnya. Tujuannya, agar budaya Molimbu tetap lestari dan dikenal oleh generasi penerus. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post