Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Merayakan Ulang Tahun Jakarta dengan Kuliner Khas Betawi

Ilustrasi: Kuliner khas Betawi. (Instagram)

Jakarta punya makanan khas Betawi yang menyimpan “sejuta” rasa, beberapa di antaranya yakni gabus pucung, pecak ikan, dan soto tangkar.

JAKARTA-KABARE.ID: Kota Jakarta sedang merayakan ulang tahun yang ke-491 tepat pada 22 Juni 2018.

Bicara tentang ulang tahun biasanya lekat dengan makan-makan, dan Jakarta punya kuliner khas untuk yang satu ini dengan sebutan makanan khas Betawi.

Dilansir dari detik.com, berikut beberapa rumah makan enak yang menyajikan kuliner khas Betawi.  

 

RM. Pecak Gurame

Makanan khas Betawi, gabus pucung. (Instagram)

Berlokasi di Jalan Raya BSD City Taman Tekno no 18 Ciater Barat, Tangerang Selatan, rumah makan yang sudah berdiri sejak 14 tahun lalu ini cukup terkenal dengan makanan khas Betawi-nya.

Didirikan oleh H. Banzir, rumah makan ini memiliki beragam masakan khas Betawi seperti gurame pecak, gabus pucung, sop iga, pepes, hingga jengkol yang bisa diolah jadi pecak, balado, dan digoreng.

Di antara menu yang disajikan, gabus pucungnya sangat sayang untuk dilewatkan. Dibandrol dengan harga Rp75 ribu, seporsi gabus pucung berukuran besar dengan siraman kuah hitam yang dibuat dari kluwek, kemiri, cabai, bawang putih, hingga kunyit. Menu ini makin enak dinikmati bersama dengan sambal dadak dan lalapan.

 

Warung Betawi Haji Awi

Makanan khas Betawi, pecak ikan mas. (Instagram)

Rumah makan yang terletak di Jalan Pejaten Raya no 15, Pasar Minggu, Jakarta ini punya menu ikan gurame dan ikan mas yang enak dimasak dengan olahan bumbu pecak. Ikan goreng direndam dalam kuah bening coklat yang dicampur dengan irisan cabai merah dan bawang merah.

Selain guruh, ikan goreng ini juga menghasilkan citarasa asam segar dengan paduan jahe yang nikmat. Menu ini makin nikmat dipadu dengan nasi hangat. Seporsi pecak ikan goreng (ikan mas) dibandrol dengan harga Rp25 ribu.

 

Soto Tangkar H. Diding

Selain soto Betawi, ada juga soto tangkar khas Betawi. (instagram)

Bagi kamu yang menyukai hidangan berkuah hangat, bisa mampir ke rumah makan yang terletak di Jalan Pasar Pagi Lama, Los T28B-28C, Kota Tua, Jakarta. Kamu akan merasakan soto tangkar yang gurih bersama dengan nasi, sambal, dan kerupuk.

Jika ingin merasakan kenikmatan lebih, kamu bisa memadukan soto tangkar dengan sate, selain gurih dijamin bikin kenyang!

 

RM. Sayur Asem Betawi H. Masa

Sayur asem merupakan salah satu sayur yang paling banyak isiannya. (Instagram)

Sudah ada sejak tahun 1980, rumah makan yang terletak di Jalan Raya Pondok Jaya no 5, Pondok Aren, Tangerang Selatan ini punya ciri khas tersendiri. Dilanjutkan oleh generasi kedua, rumah makan ini tetap ramai karena mempertahankan resep rahasia, yakni campuran jengkol bewe dalam sayur asemnya.

Jengkol bewe merupakan jengkol yang ditanam dalam tanah selama seminggu hingga tumbuh tunas kecil sehingga aromanya tidak kuat, tapi tetap nikmat. Isian sayur asemnya berupa labu siam, melinjo, nangka, kacang tanah, jagung muda, jagung manis, oncom, dan jengkol bewe. Ada juga pare, kacang panjang, kecipir, dan terong hijau.  

Sayur asem ini terasa nikmat dipadukan dengan kuah asam gurih yang segar dan enak dinikmati bersama nasi, serta sambal. Selain sayur asem, pengunjung juga bisa mencicipi menu lain, seperti ikan pesmol, ayam goreng, hingga tahu dan tempe.

 

RM. Betawi Pakujaya

Salah satu sayur khas Betawi yang mulai langka, sayur besan. (Instagram)

Rumah makan yang terletak di Jalan Bhayangkara I RT01/01, Paku Jaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan ini punya sayur besan yang menjadi salah satu sajian khas Betawi yang sudah langka.

Sayur besan dibuat dengan isian terubuk atau telur tebu yang dipadukan dengan kuah santan. Isiannya antara lain kentang, soun, petai, dan ebi.

Selain sayur besan, pengunjung juga bisa mencicipi sop iga hingga kepala ikan kakap yang jadi menu andalannya.

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post