Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Merayakan Hari Penglihatan Sedunia 2019, JEC dan PT Bukaka Gelar Operasi Katarak Gratis

Konferensi pers operasi katarak gratis oleh JEC di JEC Cibubur, Sabtu (12/10/2019). Tampak pada gambar (Ki-Ka): dr. Emma, dr. Budi, dan Achmad Kalla. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

Operasi katarak bagi masyarakat yang tidak mampu itu dilaksanakan di tiga klinik mata JEC, yakni JEC Cibubur, JEC Cinere, dan JEC Bekasi. Selain operasi katarak, ada juga pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata gratis bagi anak-anak yang membutuhkan.

JAKARTA – KABARE.ID: Rumah sakit Jakarta Eye Center (JEC) bersama PT Bukaka Teknik Utama Tbk, melakukan operasi katarak gratis bagi 80 pasien, serta pengecekan mata dan pembagian kaca mata gratis bagi 50 anak Indonesia. Kegiatan ini digelar dalam rangka merayakan Hari Penglihatan Sedunia 2019 di tiga klinik mata utama JEC, yakni di JEC Cibubur, JEC Bekasi, dan JEC Cinere, Sabtu (12/10/2019).

Dr. Emma Rusmayani, SpM, Ketua Panitia Bakti Katarak 2019 mengatakan, katarak menjadi penyebab terbesar kebutaan di dunia. Untuk kasus katarak, Indonesia menempati ututan kedua di dunia. Sementara di Asia Tenggara, Indonesia menempati ututan pertama.

“Katarak adalah penyakit yang umumnya terjadi pada orang lanjut usia, biasanya terjadi di usia 60, 50, atau bahkan 40 tahun. Penyebabnya adalah sel lensa yang menumpuk, sehingga lensa yang tadinya jernih menjadi keruh,” ujar dr. Emma di JEC Cibubur.

Di Indonesia, tingginya angka katarak disebabkan karena tersebarnya masyarakat di beberapa pulau yang tidak banyak memiliki layanan kesehatan mata. Selain itu masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa operasi katarak adalah operasi besar yang menyeramkan.

“Operasi katarak tidak seperti operasi usus buntu yang besar. Operasi katarak hanya berlangsung sekitar 10 – 15 menit. Luka operasinya juga sangat kecil, hanya menggunakan bius tetes, tidak perlu proses jahit, dan tingkat keberhasilannya juga sangat tinggi,” ujar dr. Emma.  

Operasi katarak bagi masyarakat kurang mampu di rumah sakit JEC Cibubur, Sabtu (12/10/2019). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)


Sementara itu, Dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM(K); Kepala Bedah Refraktif JEC dan Direktur Utama JEC Menteng menambahkan, mata adalah jendela dunia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Kerusakan penglihatan menyebabkan turunnya produktivitas seseorang, dan bahkan masa depan seseorang.

“Setelah melalui tindakan operasi katarak, pasien terbukti mendapatkan kembali ketajaman penglihatannya. Ketika pasien bisa melihat dengan jelas, dia bisa membantu banyak orang termasuk dirinya sendiri. Apalagi jika si pasien adalah tulang punggung keluarga,” ujar dr. Budi.

Bakti Katarak dalam rangka hari penglihatan sedunia yang dirayakan hari ini, menyasar pasien-pasien katarak dari sekitar pabrik Bukaka dan di dekat klinik JEC Cinere, JEC Cibubur, dan JEC Bekasi.

“Kami sangat senang dapat mengambil bagian dalam pelaksanaan Bakti Katarak hari ini dengan memfasilitasi warga kurang mampu dari sekitar klinik JEC dan lokasi pabrik Bukaka,” ungkap Achmad Kalla, Founder PT. Bukaka Teknik Utama Tbk.

Keterlibatan Bukaka dalam kegiatan ini juga merupakan ungkapan syukur ulang tahun PT Bukaka Teknik Utama Tbk ke-41. “Di kami, perayaan ulang tahun tidak lagi dilakukan untuk bersenang-senang, tetapi justru membantu banyak orang,” ujar salah satu keryawan PT Bukaka.

Masih dalam rangkaian kegiatan Hari Penglihatan Sedunia 2019, JEC Eye Hospitals & Clinics akan menggelar “JEC Fun Walk” di area car free day dan membuka stand di area parkir Gedung Sarinah Thamrin, pada Minggu, 27 Oktober mendatang.

Peserta fun walk yang terdiri dari karyawan dan keluarga, akan melakukan karnaval di sepanjang Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, melakukan edukasi tentang pentingnya kesehatan mata sebelum terjadi gangguan pada penglihatan yang dapat berakhir dengan kebutaan. Masyarakat dapat berpartisipasi dalam keseruan karnaval dan mendapatkan berbagai informasi terkait kesehatan mata dalam kegiatan tersebut. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post