Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Menyesap Kopi Dengan Aroma Wine

Aneka produk kopi buatan Kemuning Coffee. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

Kemuning Coffee berhasil membuat minuman kopi dengan aroma wine yang dihasilkan dari fermentasi kopi.

JAKARTA-KABARE.ID: Minuman kopi hangat mungkin sudah biasa dan tersedia hampir di mana saja. Namun, bagaimana dengan minuman kopi dingin (cold brewed) yang memiliki aroma anggur (wine).

Tias Ashadi, pemilik Kemuning Coffee berhasil membuat minuman kopi dengan aroma wine yang dihasilkan dari fermentasi kopi. Meskipun tercium aroma wine, tetapi kopi ini tidak mengandung alkohol.

“Kecuali kalau dicampur gula. Kafein dicampur gula akan menjadi alkohol,” kata Tias saat dijumpai Kabare.id di acara Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara, di Blok M Square, Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Tias Ashadi saat meracik kopi di Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara, di Blok M Square, Jakarta, Rabu (18/7/2018). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien) 

 

Tias mengatakan, untuk menghasilkan kopi dengan aroma wine, ia menggunakan campuran 70 persen kopi Robusta dan 30 persen kopi Arabika yang digiling agar menjadi bubuk. Setelah itu dilakukan fermentasi selama 30 jam, dan pematangan dalam suhu minus 19 derajat celcius.

Kemudian campuran kopi itu memasuki masa resting. Biasanya dalam waktu sepekan kopi akan mengeluarkan aroma wine. Jika dibiarkan tiga bulan aroma kopi akan tambah kuat menyerupai aroma wine. Pencampuran dua macam kopi itu juga memiliki sensasi mint ketika diminum.

Biji kopi yang digunakan Tias berasal dari petani kopi di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Ia mengaku baru setahun terakhir terjun ke bisnis kopi karena menurutnya, berbisnis kopi di Indonesia sedang dalam masa yang menyenangkan.

“Kopi dari Pagaralam jarang ada di pasar Indonesia, kebanyakan langsung diekspor ke luar negeri karena kualitasnya bagus. Itulah kenapa saya tertarik berbisnis minuman kopi Pagaralam agar masyarakat Indonesia juga bisa menikmati kopi berkualitas,” ujarnya.

Selain menyediakan minuman kopi yang diseduh dingin, Kemuning Coffee milik Tias juga menghadirkan produk biji kopi Robusta dan Arabika asli dari Pagaralam.

Kopi buatannya ditawarkan mulai Rp25 ribu untuk minuman kopi botolan 250 ml dan Rp100 ribu - Rp400 ribu untuk biji kopi per 250 gram. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post