Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Menyelami Keindahan Alam Pulau Samosir

Foto: Kemenpar RI

Samosir punya banyak pantai cantik. Sebut saja Pantai Pasir Putih dan Pantai Batu Hoda yang menawan.

JAKARTA-KABARE.ID: Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, Sumatera Utara menyimpan keindahan alam tak terbantahkan. Belum lagi budaya dan adat istiadatnya yang istimewa.

"Samosir menjadi salah satu destinasi terbaik menikmati keindahan Danau Toba. Bukan saja keindahan alamnya, tetapi juga keistimewaan budayanya. Ada banyak destinasi yang bisa dijadikan referensi untuk disambangi di Samosir yang siap membuat kagum wisatawan," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Bukit Beta di Kecamatan Tuk-tuk Siadong, Pulau Samosir adalah salah satu destinasi unggulan di sana. Lokasi bukit ini berada di sisi kiri setelah gerbang masuk ke kecamatan ini. Meski hanya sebuah bukit kecil, tapi Bukit Beta menawarkan view yang begitu indah. 

Saking indahnya, banyaknya orang yang menjadikan bukit ini sebagi lokasi untuk mengambil foto. Tidak hanya untuk sekadar selfie, tetapi lokasi ini juga sering dijadikan tempat pre wedding, atau bahkan lokasi syuting.

Dari atas bukit, wisatawan bisa melihat cukup luas ke arah tepi Danau Toba sekitar Tuk-tuk. Di sisi yang lain, terhampar pemandangan lahan persawahan warga yang sangat eksotis untuk diabadikan.

Dari atas bukit ini juga, wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang cukup jelas akan Air Terjun Cinta yang terlempar dari Gunung Toba.

Selain Bukit Beta ada juga Kawasan Tomok yang mnejadi tempat menarik lainnya di kabupaten Samosir.

Bagi wisatawan yang ingin menari Tortor bersama boneka sigale Gale, di sinilah tempatnya. Selain Sigale Gale, wisatawan juga bisa mengunjungi museum batak yang tidak jauh dari Sopo Sigale Gale.

Tempat ini juga menjadi surga bagi wisatawan yang gemar berburu oleh-oleh. Di kawasan ini berjejer puluhan penjual souvenir khas Samosir untuk dibawa pulang.

Selain dua tempat itu, ada juga Huta Siallagan, sebuah desa kuno yang memancarkan budaya unik dari kelompok etnis Batak. Bagai dibawa ke masa silam, wisatawan akan disuguhi pemukiman dengan tembok batu setinggi 1,5 sampai 2 meter. Rumah-rumah tradisional hingga kini masih berdiri dan terawat dengan baik di sini.

Selain itu di Samosir juga punya banyak pantai cantik yang harus dikunjungi. Ada Pantai Pasir Putih dan juga Pantai Batu Hoda yang menawan. Dengan segala potensinya tersebut tak pelak banyak wisatawan yang betah berlama-lama di Samosir. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post