Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Menjelajahi Surga Dunia di Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2018

Keindahan alam Raja Ampat. (Photo by: Pesonaid_Travel)

Festival Pesona Bahari Raja Ampat (PBRA) 2018 siap dihelat pada 18-22 Oktober 2018.

RAJA AMPAT-KABARE.ID: Setiap tahunnya festival ini mengusung tema yang berbeda-beda untuk mengajak wisatawan mengeksplorasi Waisai, Kepulauan Fam, Misool dan Kofiau Raja Ampat, Papua Barat.

"PBRA merupakan sebuah program yang akan membawa wisatawan menikmati salah satu surga bahari dunia. Bukan saja alamnya, tetapi juga beragam budayanya yang memukau," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam keterangan resmi yang dikutip Kabare.id, Rabu (10/10/2018).

Festival ini akan dimeriahkan Sail Trip Festival, Pentas Budaya Bahari, Lomba Foto, Buka Sasi Laut Kafiau, dan atraksi adat di tiap destinasi. Ada juga Gelar Kuliner Olahan Laut, Eksplorasi Kampung Wisata, dan Ekspedisi Bebatuan Geopark Misool.

Bukan sekedar perhelatan biasa, PBRA juga menghembuskan semangat pelestarian lingkungan. Hal ini tertuang dari Program Peduli Bersih Laut untuk mengedepankan pariwisata berkelanjutan.

"Event ini berkonsep fun touring yang dikombinasi dengan atraksi budaya, kuliner dan edukasi. Sehingga menjadi paket komplit yang sangat menyenangkan," terang Menpar.

Dipilihnya Kepulauan Fam, Kafiau dan Misool sebagai lokasi acara juga bukan tanpa sebab. Kepulauan Fam mempunyai kekayaan hayati yang super lengkap. Dari perspektif keterwakilan habitat, kepulauan ini merupakan representasi Raja Ampat.

Begitu juga Kafiau, daerah ini memiliki kekayaan hayati dan terumbu karang yang indah. Bahkan menjadi jalur migrasi dari paus dan lumba-lumba. Daerah daratnya pun tak kalah menariknya, terlebih untuk pemerhati dan pengamat burung. Daerah ini memiliki burung endemik Kafiau Paradise King Fisher dan Kafiau Monarch.

Lain halnya dengan Misool. Daerah ini merupakan "surga kecil" yang menanti di taklukan. Keindahan pantai, bebatuan kars dan taman lautnya menawarkan atraksi alam yang memukau.

"Tak salah memang jika Raja Ampat mendapat gelar tempat Snorkeling dan Diving Terbaik Dunia oleh CNN Travel. Inilah surganya para penyelam dan snorkeling yang sudah diselami para selebriti dunia. Bapak Presiden Joko Widodo saja betah di Raja Ampat," ujar Menpar Arief Yahya. (bas)
 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post