Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Menikmati Diskon 80 Persen Hingga Wisata Literasi di Pameran Buku IIBF 2018

Ilustrasi: Pameran buku. (Pixabay/VuokkoAnemone)

Pameran buku bertaraf internasional, Indonesia International Book Fair (IIBF) kembali digelar untuk yang ke-37 kalinya di Jakarta. Pameran buku yang digelar selama lima hari mulai 12-16 September 2018 di Balai Sidang Jakarta/ Jakarta Convention Center (JCC) ini menghadirkan program-program seru.

JAKARTA-KABARE.ID: Salah satu program unggulan selama pameran berlangsung adalah Zona Kalap yang baru diadakan tahun ini. Sedikitnya 500 penerbit akan memamerkan sekitar 7.000 judul buku berbahasa Indonesia dan bahasa asing dengan potongan harga hingga 80 persen.

Buku-buku yang dihadirkan terdiri dari buku bergenre fiksi termasuk novel-novel terkemuka, buku nonfiksi, buku anak-anak, dan buku-buku bertemakan agama (religi). Zona yang berlokasi di dalam Hall Cenderawasih ini juga menghadirkan aneka mainan edukatif.

“Kami merancang zona ini agar pengunjung datang dan memuaskan keinginan mereka untuk membeli buku sebanyak-banyaknya. Makannya diskon yang diberikan cukup besar, dari 50 sampai 80 persen,” kata Abdul Ajid, penanggungjawab Zona Kalap dalam siaran pers yang diterima Kabare.id, Senin (10/9/2018).

“Tidak ada syarat macam-macam. Semua pengunjung bisa membeli buku yang dijual di zona ini,” sambungnya.

Baca juga: 17 Negara Siap Meramaikan Festival Buku Internasional IIBF 2018

Tahun lalu, program undian haji dari Kerajaan Arab Saudi mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat. Demi mendulang kesuksesan yang sama, tahun ini pihak penyelenggara IIBF juga akan memberikan undian haji dari Kerajaan Arab Saudi. Pemenang undian ini nantinya dapat menunaikan ibadah haji yang keberangkatannya difasilitasi oleh Kedubes Arab Saudi.

Ketua panitia IIBF 2018, Amalia Safitri mengatakan, mekanisme pengundian haji dari Kerajaan Arab Saudi dapat dilihat di stan Kedubes Arab Saudi. Program undian haji ini terbuka untuk semua pengunjung pameran. “Tahun lalu, masyarakat sangat antusias mengikuti program ini. Waktu itu ada 16 paket ibadah haji yang dibagikan ke para pengunjung pameran,” kata Amalia.

Baca juga: Kerbau Bule ‘Bintang’ Perayaan Malam Satu Suro di Solo

Selain Zona Kalap dan Undian Haji dari Kerajaan Arab Saudi, ada juga program Wisata Literasi yang bisa diikuti rombongan sekolah mulai dari PAUD hingga SMA sederajat. Program ini dirancang untuk memperkenalkan budaya membaca kepada anak-anak. Melalui program ini, peserta akan diajak berkeliling mengunjungi penerbit-penerbit dari luar negeri.

Selama ‘berwisata’, anak-anak akan diberikan wawasan agar semakin rajin membaca dan menggali ilmu lewat buku dari seluruh dunia. Agar lebih menarik, program ini juga dilengkapi dengan dongeng interaktif, kuis, aneka permainan, pengenalan budaya dan kesenian dari banyak negara.

Wisata Literasi diadakan dari Rabu sampai Sabtu selama satu jam mulai pukul 09:00 WIB. Tahun lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan aktif mengedukasi peserta didik lewat paparan dan buku saku. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post