Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Mengunjungi Tugu Kilometer 0, Ujung Paling Barat Indonesia

Tugu Kilometer 0 Indonesia. (Foto: Kemenpar)

Destinasi Kilometer 0 Indonesia adalah ujung paling barat Indonesia, lokasinya berada di Pulau Weh, Sabang, Aceh. Di sini wisatawan bisa menemukan keindahan aneka ragam hayati saat melakukan snorkling di Pantai Iboih.

JAKARTA-KABARE.ID: Pasti kalian pernah mendengar lagu Dari Sabang Sampai Merauke? Kalian juga pasti tahu kalau di Sabang terdapat destinasi wisata Kilometer 0 Indonesia? Biar tidak penasaran, yuk kita mengenal lebih dekat apa itu Kilometer 0 Indonesia.

Destinasi ini adalah bagian dari kawasan wisata di Iboih, sebuah desa yang terdapat di kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Iboih, dan merupakan salah satu lokasi snorkling favorit di Sabang.

Di Kilometer 0 Indonesia, terdapat tugu atau monumen yang sangat besar. Di atasnya, terdapat motif rencong, senjata khas Aceh. Tugu ini bisa dinaiki oleh wisatawan. Namun hanya diperbolehkan sampai di tengah saja. Tapi jangan khawatir, keindahan sudah tersaji jelas disana. Salah satunya pemandangan Samudera Hindia.

Menurut Kabid Pemasaran Area I Regional I Kementerian Pariwisata Alfin Merancia, destinasi ini wajib dikunjungi saat berada di Sabang.

“Jika sedang di Sabang, wajib rasanya berkunjung ke tugu Kilometer 0 Indonesia. Tugu Ini menandakan kamu sedang berada di ujung barat Indonesia. Tugu yang sama ada di Merauke, yang menandakan ujung timur Indonesia. Belum sah rasanya kalau ke Sabang tapi tidak singgah kesana,” tutur Alfin dalam keterangan resmi yang dikutip Kabare.id, Selasa (6/11/2018).

Untuk mencapai tempat ini, wisatawan harus menempuh perjalanan selama 45 menit hingga satu jam menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan rental. Di sini belum tersedia kendaraan umum. Namun, wisatawan bisa menyewa motor yang sudah di modifikasi. Cara terakhir ini kerap dipilih oleh wisawatan mancanegara.

Kelebihan menggunakan kendaraan motor adalah, wisatawan bisa merasakan pengalaman lebih asik saat melakukan perjalana, karena pemandangan menuju lokasi sangat eksotis. Selain itu, jalur menuju lokasi juga sangat rindang. Maklum untuk mencapai Kilometer 0 Indonesia kita akan melewati kawasan hutan lindung.

Alasan lainnya yang juga seru adalah, sepanjang perjalanan, wisatawan akan menemui kumpulan kera liar yang sering bergerombol di pinggir jalan.

“Perjalanan ke Kilometer 0 Indonesia sangat asyik. Kalian bisa menjadikan ini sebuah misi juga. Di tugu Kilometer 0 Indonesia, kita bisa mendapatkan sertifikat dengan membayar sedikit administrasi. Sertifikat ini ditanda tangani oleh Wali Kota Sabang,” terang Alfin.

Bagi wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh sambil bersantai, jangan khawatir. Tak jauh dari monumen ada tempat penjualan souvenir dan kantin. Cocok untuk melepas penat sambil berburu oleh-oleh.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Kilometer 0 Indonesia adalah daya tarik Sabang. “Sebuah tugu yang monumental. Tugu yang sangat identik dengan Sabang. Bila kalian sudah kesini, ada baiknya dilengkapi dengan tugu yang sama di Merauke. Jadi, lengkaplah penjelajahan Indonesia,” katanya. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post