Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Mengubah ‘Mindset’ Petani Agar Beralih ke Cara Modern

Presiden Jokowi menyalami peserta Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8) siang. (Foto: Deny S/Humas Setkab)

Petani diharapkan tidak lagi membakar hutan untuk membuka lahan. Cara terbaik untuk membuka lahan adalah dengan menggunakan alat berat seperti traktor dan excavator.

JAKARTA - KABARE.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) setuju dengan usulan memodernisasi para petani, sehingga tidak perlu lagi membakar hutan dan lahan untuk memulai membuka lahan.

“Memang kita harus berani mengalihkan pola pola pertanian tradisional menuju ke pola pola pertanian yang modern memakai teknologi. Ini tugas Bupati, tugas Wali Kota, tugas Gubernur, tugas Menteri-Menteri dan tugas kita semuanya,” kata Jokowi dalam Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8).

Menurut Jokowi, dalam 5 tahun ini, Kementerian Pertanian sudah membagikan traktor, excavator, dan bulldozer untuk daerah-daerah yang memiliki lahan besar seperti di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut).

Jokowi menghimbau kepada kepala daerah bagi yang ingin membuka lahan agar meminta bantuan alat berat ke Kementerian Pertanian.

“Berilah petani-petani kita dengan dengan mindset yang baru, pola pikir yang baru dalam bekerja. Jangan biarkan mereka sudah berpuluh-puluh tahun kita masih melihat petani yang enggak mungkin mau land clearing 2 hektar dicangkul, enggak mungkin,” ujarnya. (*)  

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post