Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Mengenal Perkembangan Sastra Dengan Mudah di Peta Sastra Indonesia

Hasil tangkap layar Youtube Peta Sastra Indonesia

Peta Sastra Indonesia adalah sebuah program edukasi dari Salihara Arts Center untuk lebih mengenal perkembangan kesusastraan Indonesia dengan cara yang mudah.

JAKARTA - KABARE.ID: Banyak pelajar dan awam bertanya “bagaimana cara berkenalan dengan kesusastraan Indonesia?” dan “mana karya sastra Indonesia yang perlu dibaca?” Pertanyaan sederhana dan wajar karena sastra Indonesia memang ibarat sebuah hutan belantara.

Salihara Arts Center hendak mengajak para pelajar dan awam untuk jalan-jalan di belantara sastra Indonesia melalui kanal YouTube Peta Sastra Indonesia.

Peta Sastra Indonesia adalah panduan mudah bagi para pelajar dan awam untuk mengenal lebih dekat perkembangan sejarah pemikiran, pergulatan ide dan pengalaman kebangsaan yang terekam dalam kesusasteraan Indonesia dari masa ke masa.

"Dengan video yang santai, asyik dan untuk memudahkan kita memahaminya, kami memberikan sebelas kata kunci yang mewakili tema atau peristiwa-peristiwa mengenai perkembangan keindonesiaan. Di video-video ini juga kita dapat sama-sama belajar bahwa cara yang paling mudah memahami sastra Indonesia adalah dengan mengibaratkannya sebagai seorang anak yang bertumbuh dewasa," demikian keterangan tertulis Salihara Art Center yang dikutip Kabare, Kamis (24/9/2020).

"Bersama Peta Sastra Indonesia, kita akan menelusuri bagaimana para sastrawan menyumbangkan ide dan pemikiran mereka dari masa ke masa. Misalnya, Kartini dan surat-suratnya pada akhir abad 19 yang menawarkan kesadaran dan emansipasi; konflik antara tradisi dan modern pada tahun 1920-an; disusul kelahiran Sumpah Pemuda dan berdirinya Pujangga Baru; situasi sastra di zaman revolusi dan setelahnya; sampai karya-karya yang lahir pada zaman Reformasi".

Peta Sastra Indonesia ini bukanlah kanon sastra. Panduan ini tidak bermaksud memberikan daftar karya terbaik dalam khazanah sastra Indonesia, melainkan bertujuan memberi pemahaman tentang dinamika kesusastraan Indonesia dalam hubungannya dengan kesadaran kebangsaan.

"Semua itu telah disusun menjadi sebelas episode yang bisa kita saksikan di kanal YouTube Peta Sastra Indonesia. Peta Sastra Indonesia juga mendorong kita untuk membuat kata kunci atau bahkan membuka jalur sendiri dalam menjelajah belantara sastra Indonesia. Mari kita berlangganan dan bagikan video-video Peta Sastra Indonesia," demikian keterangan tertulis Salihara Art Center.

Tentang Salihara Arts Center

Salihara Arts Center merupakan sebuah Institusi kesenian dan kebudayaan yang selalu menampilkan kesenian terkini dari Indonesia dan dunia, baik yang bersifat pertunjukan maupun edukasi, dalam lingkungan kreatif dan sejuk di tengah keramaian selatan Jakarta.

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post