Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Mengenal Kekayaan Kayu Kalimantan di Museum Tuah Himba

Museum Tuah Himba di kawasan Waduk Panji Sukarame, Kutai Kartanegarn. (Foto: Wikipedia)

Begitu banyak jenis kayu yang ada di Kalimantan sekaligus punya beragam manfaat. Ada yang dibuat untuk membangun rumah, bahan furnitur, perkakas dan lainnya. Semua jenis kayu tersebut bisa kita saksikan di Museum Kayu Tuah Himba di Kalimantan Timur.

KUTAI KARTANEGARA – KABARE.ID: Jika Anda sedang berkunjung ke Kalimantan Timur, jangan lupa singgah ke Museum Tuah Himba di kawasan Waduk Panji Sukarame, Kutai Kartanegara.

Di sana Anda bisa menemukan beragam jenis kayu yang ada di Indonesia sekaligus keunikannya. Apalagi seluruh bangunan ini juga terbuat dari kayu berbentuk rumah panggung khas Kalimantan.

Museum ini dibangun pada tahun 1990-an dan nama Tuah Himba sendiri punya arti, lho. “Tuah Himba” diambil dari semboyan Kota Tenggarong yaitu ‘Tuah Himba Untung Langgong’ yang artinya menjaga kekayaan hutan dan alam, maka manfaat yang diperoleh akan langgeng.

Saat memasuki museum, kita akan disambut oleh buaya raksasa berukuran 6 meter yang sudah diawetkan. Di ruangan lain terdapat berbagai koleksi kayu yang tumbuh subur di Pulau Borneo. Di antaranya adalah kayu ulin yang hanya tumbuh di Pulau Kalimantan. Ada juga 220 jenis kayu yang punya daya jual tinggi hingga fosil kayu yang sudah berumur ratusan tahun yang menjadi batu.

Di ruangan terpisah terdapat ukiran-ukiran kayu khas Kalimantan. Patung khas Dayak Kenyah, rumah betang atau rumah panjang khas Dayak turut dipajang di sudut-sudut ruang. Selain kayu, koleksi daun juga menghiasi dinding museum yang berasal dari seluruh Kalimantan Timur.

Tiket masuk museum ini pun terbilang murah. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp1.500 per orang untuk bisa menambah wawasan mengenai ragam flora di Kalimantan. Selain itu, terdapat wisata waduk yang bisa kita nikmati setelah berkunjung dari museum. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post