Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Mendagri Minta Kepala Daerah Gandeng UMKM untuk Buat Masker dan APD

Mendagri Tito Karnavian. Foto : Dok. Kemendagri

Kemendagri mendorong pemerintah daerah bersama asosiasi dunia usaha, untuk mengatasi kekurangan alat kesehatan di daerah dalam menanggulangi Covid-19.

JAKARTA - KABARE.ID: Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengimbau kepada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk mengajak UMKM memproduksi masker dan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang bertugas dalam menanggulangi Covid-19.

"Kami berharap kita dapat mengerahkan semua kekuatan kita untuk mengatasi masalah penanggulangan Covid-19 ini," kata Tito Karnavian dalam rapat koordinasi melalui video telekonferensi, Rabu (8/4/2020).

Rapat tersebut disaksikan oleh 497 kepala daerah yang terdiri dari bupati, wali kota dan sekretaris daerah se-Indonesia. Disaksikan juga oleh perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kamar Dagang Indonesia (Kadin), serta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Tito menegaskan bahwa pemerintah pusat, dunia usaha, dan pemerintah daerah akan menjamin ketersediaan sarana alat kesehatan di seluruh daerah di Indonesia.

Selain itu, pemerintah menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat seperti pangan guna mengantisipasi dampak Covid-19 di seluruh daerah.

Menurutnya, Kemendagri telah mendata lengkap, jumlah dan jenis kategori kebutuhan alat dan sarana kesehatan untuk penanggulangan Covid 19 di seluruh kabupaten/kota Indonesia. Termasuk mendata kebutuhan dan ketersediaan sembilan bahan pokok di seluruh daerah.

"Provinsi NTT misalnya, membutuhkan 17 juta liter desinfektan berisi chlorine. Sementara, saat ini, Sumatera Selatan butuh 250 juta masker biasa dan Provinsi DI Yogyakarta masih kekurangan 3,2 juta buah APD," urainya.

Disisi lain, Kemendagri juga telah mendata perusahaan nasional dalam negeri dan kapasitas produksi mereka di dalam memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Dia meminta dunia usaha ikut menjaga stabilitas ekonomi di tengah pandemi virus corona.

“Saya berharap terbangun sinergitas dan kesatuan visi antara pusat, daerah, antar daerah dan dunia usaha untuk bersama-sama memperkuat sistem kesehatan dan menjaga stabilitas ekonomi dalam perang melawan Covid-19 ini," tandasnya. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post