Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Menari Kecak dan Saman, Prajurit TNI Tampil Memukau di Hawaii

Anggota TNI-AL yang tergabung dalam Satgas Rimpac 2018 menari kecak saat pesta budaya Indonesia di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat, Minggu (8/7/2018). (Inew.id/Serka Mar Kuwadi)

Tari Kecak, tari Saman, dan tari Gemu Famire serta berbagai macam kuliner Indonesia menjadi pertunjukan dan suguhan delegasi dari 27 negara peserta Rimpac 2018, warga dan WNI yang tinggal di Hawaii sebagai misi mengenalkan keragaman budaya tanah air.

AMERIKA-KABARE.ID: Prajurit Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satgas Latma Multilateral Rim Of The Pacific (Rimpac) 2018 ikut memeriahkan acara Indonesia Reception yang diselenggarakan di geladak Helly KRI Makassar-590 yang sedang bersandar di Pearl Harbor Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat, Minggu (8/7/2018) malam.

Dalam kegiatan tersebut prajurit Korps Marinir TNI AL di bawah pimpinan Letda Mart Jonathan menampilkan kesenian daerah dari Bali yaitu tari Kecak dengan tokoh Anoman yang diperankan oleh Kopda Mar Yusuf.

Dilansir dari Inews.id, Selasa (10/7/2018), tarian Kecak yang dibawakan prajurit TNI itu mampu menghipnotis para tamu yang hadir. Suasana hening dan semua mata memandang ke arah penari Kecak yang sedang menari di tengah-tengah para tamu undangan.

Selain Tari Kecak, disuguhkan juga tari Saman dari Aceh dan bermacam-macam masakan khas Indonesia seperti bakso, rendang, sate, soto, gado-gado, lumpia, dan lain-lainnya.

Begitu acara ramah tamah dimulai, masakan khas Indonesia langsung diserbu para tamu undangan. Mereka penasaran dan ingin mencoba merasakan khas Indonesia terutama bakso dan sate.

“Baksonya uenak banget,” kata ibu Novi yang asli Krembangan, Surabaya tersebut.

Bakso merupakan salah satu makanan favoritnya, oleh sebab itu setiap ada prajurit TNI AL yang hadir di Hawaii mengikuti latihan Rimpac, Novi beserta keluarganya dipastikan berkunjung ke Kapal Perang Indonesia untuk bertemu dengan prajurit-prajurit TNI AL untuk sekedar melepas rindu tanah kelahirannya.

Suasana bertambah meriah di penghujung acara saat seluruh tamu undangan dan prajurit TNI AL melaksanakan tari Gemu Famire yang dipandu oleh prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal) yang ikut serta dalam Latihan Bersama Rimpac 2018 yaitu Letda Laut (P) Grace Simamora, Letda Laut (E) Natia, Serda Bah/W Hilda dan Serda EDE/W Riska Riski.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman beserta ibu, Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, Atase Pertahanan RI untuk Amerika Serikat Marsma TNI Takarianto, Komandan Gugus Tugas Latma Rimpac 2018 Laksma TNI Agus Hariadi, dan Atase Angkatan Laut (ATAL) Indonesia untuk Amerika Serikat Kolonel Marinir Sungatijantoro.

Hadir juga, para perwira dari negara peserta Rimpac 2018 dan masyarakat Indonesia yang berada di Hawaii. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post