Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Memijat Bayi Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan, Ina Rosalina. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

Beberapa manfaat memijat bayi adalah melancarkan peredaran darah, meningkatkan fungsi kognitif anak, hingga membuat bayi terhindar dari masalah stunting.

JAKARTA-KABARE.ID: Rutinitas memijat bayi ternyata berdampak baik bagi pertumbuhan anak.

Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan, Ina Rosalina mengatakan, salah satu manfaat dari pijat bayi adalah ikatan (bonding) antara bayi dan ibu.

“Hubungan bayi dan ibu akan sangat terjalin erat ketika pijat bayi ini dilakukan sesering mungkin. Tidak mesti lama, cukup 10 hingga 15 menit sekali dalam sehari,” kata Ina Rosalina dalam acara “Gerakan Pijat Bayi Nasional" di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (4/7/2018).

Selain manfaat bonding, pijat bayi juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, meningkatkan fungsi kognitif anak, hingga membuat bayi terhindar dari masalah stunting.

"Pijat itu sama seperti olahraga untuk si bayi. Setelah dipijat, bayi akan merasa lapar dan ini yang membuat nafsu makan dia tinggi. Jika asupan ASI-nya baik, maka nutrisi dalam tubuhnya juga akan terjaga. Masalah stunting pun bisa diminimalisir," katanya.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan para ibu agar manfaat memijat bayi bisa maksimal? Ina menjelaskan, pijat bayi akan terasa manfaatnya jika dilakukan oleh ibu, ayah, atau anggota keluarga. Namun, jika dilakukan oleh orang lain, seperti dukun pijat, manfaatnya justru tidak maksimal. Ina menyebut, manfaat bayi dipijat oleh orang lain hanya sekitar 30 persen.

Kemudian, jangan memijat bayi sambil melakukan kegiatan lain, seperti main ponsel atau melakukan aktivitas di luar pijatan.

"Yang terbaik adalah memijat sambil bernyanyi atau berdoa bersama bayi. Intinya, ibu benar-benar memberikan perhatian penuh ke si anak," tambahnya.

Hal penting lainnya adalah, jangan memijat bayi ketika mereka sedang tidak ingin dipijat atau saat bayi ingin tidur. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post