Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Matt Damon Menyambangi Indonesia untuk Penyediaan Air Bersih

Aktor Matt Damon (paling kiri) melihat jamban warga saat berkunjung ke Batang, belum lama ini. (Solopos.com/Istimewa)

Aktor Jason Bourne Itu menyambangi Indonesia untuk penyediaan sumber air bersih. Ia sempat berkunjung ke Jakarta dan Jawa Tengah untuk menyambangi beberapa desa yang ada di Batang dan Kendal.

JAKARTA-KABARE.ID: Pada 3 Juli lalu, tersiar kabar bahwa aktor Hollywood Matt Damon sedang berada di Jakarta, sebagai co-founder water.org, organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pemenuhan sumber air bersih.

Dilansir dari Liputan6.com, Aktor Jason Bourne Itu menyambangi kantor Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Matt Damon juga sempat berkunjung ke Jawa Tengah untuk menyambangi beberapa desa yang ada di Batang dan Kendal.

Dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (10/7/2018), disebutkan bahwa Matt Damon berkunjung ke tiga desa di Batang, Jawa Tengah, pada 4 Juli 2018. Di Desa Selopajan Barat, Kecamatan Blado, ia mendatangi sebuah pondok pesantren untuk bertemu ustaz setempat.

Sementara di Desa Denasri Kulon, Batang, Matt Damon mengunjungi rumah dua pelanggan PDAM serta memantau fasilitas jamban umum. Ia juga mengunjungi Desa Dukuh Kertosari, Kelurahan Sesepuhan, untuk berdiskusi dengan anggota Komida.

Matt Damon saat mengunjungi desa di Jawa Tengah. (Water.org)


Kemudian saat berada di Kendal, Matt Damon sempat mengunjungi Desa Kalirandu Gede, Kecamatan Cipiring dan Desa Kartika Jaya, Patebon.

Ia melihat bagaimana Perusahaan Daerah BPR BKK (Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan) menyediakan akses biaya kepada BPPSPAM (Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum) yang ada di kedua desa tersebut.

Staf divisi operasional Komida, Alfaris, sempat membenarkan kedatangan Matt Damon di Indonesia pada 3 Juli lalu. Alfaris menjelaskan, kedatangan Matt Damon sengaja tidak dipublikasikan karena bukan untuk konsumsi publik.

Ia menegaskan bahwa Matt Damon hanya memiliki kepentingan dengan lembaga keuangan mikro Komida sesuai kapasitas bisnis water.org.

Matt Damon saat mengunjungi desa di Jawa Tengah. (Water.org)

 

Kedatangan Matt Damon yang singkat dan mendadak sempat diabadikan di Instagram @komidaofficial. Organisasi water.org yang dibentuk aktor Hollywood itu telah berdiri sejak empat tahun lalu di Indonesia.

Dikutip dari situs water.org, saat ini organisasi nirlaba tersebut telah bekerja sama dengan 14 lembaga keuangan mikro di seluruh Indonesia.

Berbasis komunitas, organisasi tersebut memiliki misi untuk menyediakan layanan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post