Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Masuk ke Pasar China, Indonesia@ccess Jalin Kerja Sama dengan Jumore Global

Presiden dan CEO Valdo Group, Reza V. Maspaitella (kiri) dan Chairman Jumore Eric Lu (kanan) di sela acara China International Import Expo 2018 di Shanghai, Tiongkok, Rabu (7/11/2018). (Foto : Indonesia@ccess/ Susan)

One-stop portal untuk perdagangan, pariwisata, dan investasi dari Valdo Group: Indonesia@ccess, melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) dengan Jumore Global, sebuah platform e-commerce business to business (b2b) asal Tiongkok di acara China International Import Expo (CIIE) di Shanghai, Tiongkok, Selasa, 6 November 2018.

SHANGHAI-KABARE.ID: Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Presiden dan CEO Valdo Group, Reza V. Maspaitella dengan Chairman Jumore Eric Lu, serta disaksikan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dan Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun.

“Melalui kerja sama ini, Indonesia@ccess menjadi satu-satunya platform b2b crossborder trade Indonesia,” ujar Reza melalui pesan singkat yang diterima Kabare.id, Kamis (8/11/2018).

Indonesia@ccess adalah platform digital buatan anak bangsa yang dibuat untuk membantu pemerintah mendistribusikan dan memberdayakan ekonomi rakyat. Caranya dengan membantu pelaku bisnis untuk mengembangkan akses ke pasar ekspor serta meningkatkan keterlibatan dalam jaringan produksi global, termasuk sektor pariwisata, pengembangan mitra bisnis, dan mendatangkan investor ke Indonesia.

Sementara Jumore Global adalah platform digital asal Tiongkok yang mencakup rantai industri dan layanan rantai pasokan (industry chain and supply chain services). Platform ini mengintegrasikan beberpa produk nyata termasuk bahan mentah seperti produk pertanian, barang-barang industri, produk manufaktur, barang-barang konsumsi dan makanan; serta produk tidak berwujud termasuk keuangan, logistik, teknologi, sertifikasi, dan lainnya.

Penandatanganan kerja sama antara Indonesia@ccess - Jumore Global dilakukan oleh Presiden dan CEO Valdo Group, Reza V. Maspaitella dan Chairman Jumore Eric Lu. Penandatanganan itu disaksikan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dan Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun. (Foto: Indonesia@ccess/ Susan)

 

CIIE adalah pameran impor internasional yang diselenggarakan pada 5-10 November 2018. Sebanyak 36 perusahaan dari Indonesia seperti Mayora, Indofood, Sekar Laut, dan Kapal Api mengikuti pameran ini.

Perusahaan asal Indonesia yang memboyong produknya di ajang pameran impor terbesar di daratan Tiongkok itu kebanyakan bergerak di bidang industri makanan dan minuman termasuk sarang burung walet dan produk turunannya yang mulai digemari masyarakat China, serta kelapa sawit.

Selain 36 perusahaan terdapat 19 perusahaan asal Indonesia lainnya yang turut berpartisipasi dalam pameran tersebut termasuk perusahaan yang sedang menjajaki peluang ekspor ke China.

Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun berharap perusahaan dan asosiasi yang hadir di Shanghai itu dapat semakin dikenal di China sekaligus menghasilkan transaksi yang signifikan. "Tentu saja kami juga berharap dapat mendongkrak ekspor Indonesia ke Tiongkok. Apalagi dengan status 'country of honor' negara kehormatan di CIIE maka gelombang pengunjung akan mengalir ke Pavilion Indonesia," ujar Dubes Djauhari, seperti diberitakan oleh Antara.

Melalui CIIE pemerintah China memperlonggar kebijakan impor. Bahkan di ajang tersebut Kementerian Keuangan setempat memangkas tarif untuk produk-produk impor tertentu. (ant/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post