Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Maskapai Rusia Buka Rute Penerbangan Bali-Moskow

Foto: Kemenpar

Konektivitas udara di Pulau Dewata semakin luas dengan rute penerbangan langsung (direct flight) Bali-Moskow melalui maskapai Aeroflot & Rossiya Airlines. Inaugural akan dilakukan pada 29 Oktober 2018.

JAKARTA–KABARE.ID: Parade budaya, kuliner, hingga keramahan, sudah disiapkan untuk inaugural flight tersebut. Selebrasinya dipusatkan di Terminal Internasional, Bandara I Gusti Ngurah Rai, pada Senin (29/10).

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II, Kemenpar, Nia Niscaya, direct flight ini menjadi momentum penting.

“Kehadiran Aeroflot & Rossiya Airlines menjadi momen sangat penting. Akhirnya Denpasar-Moscow bisa terkoneksi secara langsung. Momentum ini tentu akan membawa banyak hal positif, khususnya bagi pariwisata Pulau Dewata,” kata Nia dalam keterangan resmi pada Selasa (16/10/2018).

Penerbangan perdana Aeroflot diperkirakan membawa 457 pax. Begitu mendarat, sambutan berupa water cannon salute akan diberikan. Berikutnya, kalungan bunga akan diberikan kepada pilot/co, kru kabin, dan para penumpang.

Memamerkan keeksotisannya, Pulau Dewata pun menyajikan dance escort. Komposisinya terdiri dari 4 penari Bali dan 2 orang pembawa payung Bali.

Selanjutnya, penumpang Aeroflot & Rossiya Airlines akan diberikan sajian Tarian Sekar Jepun. Tarian ini dibawakan 6 penari dari Sanggar Tari Bali. Sekar Jepun adalah bunga yang kerap digunakan sebagai sarana persembahyangan.

Sekar Jepun punya aroma sangat harus. Warna bunganya juga beragam: ada putih, merah, ungu, hingga kuning. Bunga ini kerap diselipkan di telinga wisatawan.

“Bali ini situs besar budaya. Ada banyak tarian yang eksotis dan terkenal hingga mancanegara. Salah satunya adalah Tarian Sekar Jepun. Kami yakin para wisatawan pengguna Aeroflot dan Rossiya Airlines akan terkesan dengan sajian ini,” kata Nia.

Selain Tarian Sekar Jepun, Pulau Dewata juga menyiapkan Tari Pendet, sebuah tarian untuk menyambut tamu penting.

“Dengan potensi yang dimiliki, Bali akan mampu memikat para pengunjungnya. Kami yakin jumlah arus masuk wisatawan Rusia akan terus bertambah. Progress untuk jangka panjang tentu sangat positif, sebab flight per pekannya rutin dan besar,” kata Nia.

Setiap pekannya, maskapai Russia ini akan melayani 3 kali penerbangan. Penerbangan dari Bandara Sheremetyevo, Moscow, menuju Denpasar akan dilayani hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Untuk rute Denpasar-Moscow aktif pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu.

Poros ini pun dipercaya akan jadi ladang bisnis menjanjikan. Sebab, pertumbuhan wisatawannya signifikan.

Pada 2017, jumlah kunjungan wisatawan Russia mencapai 110.529 orang. Jumlah ini naik 37,28 persen dari tahun 2016. Dengan dibukanya rute ini, arus masuk wisatawan Russia dipercaya makin positif.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, direct flight akan membawa impact besar terhadap industri pariwisata Bali dan Indonesia.

“Kami tentu menyambut baik aktivasi poros Moscow-Denpasar. Ini adalah rute ideal. Bali ini destinasi terbaik di dunia. Dibukanya rute ini akan memberikan keuntungan bisnis yang besar bagi industri,” kata Menpar Arief.

“Roda ekonomi masyarakat akan naik. Selain Bali, impact positif akan dirasakan oleh destinasi lainnya,” tutup Menteri yang membawa enpar meraih penghargaan The Best Ministry Tourism 2018 se-Asia Pasifik di Bangkok. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post