Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Makan Bedulang, Tradisi Makan Bersama Khas Belitung

Tradisi makan bedulang. (Foto: RRI)

Makan Bedulang adalah tradisi makan bersama khas masyarakat Belitung. Tradisi ini mencerminkan rasa kebersamaan dan saling menghargai antar anggota masyakat Belitung.

JAKARTA – KABARE.ID: Kabupaten Belitung memiki tradisi makan bersama yang sarat filosofi dan masih lestari hingga saat ini, namanya Makan Bedulang.

Bedulang berasal dari kata dulang, yang artinya nampan besar. Sehingga dapat diartikan bahwa makan bedulang adalah makan bersama dalam satu nampan besar.

Makan bedulang mencerminkan keterikatan erat antara sistem sosial dan ekologi pulau Belitung. Filosofinya adalah rasa kebersamaan dan saling menghargai antar anggota masyakat.

Makanan yang disajikan terdiri dari 4 hingga 6 macam lauk, lengkap dengan nasi putih dan sambal. Menu paling utama adalah gagan, ikan berkuah kuning khas Belitung. Saat disajikan, makanan tersebut masih tertutup tudung saji.

Ada etika saat tradisi ini berlangsung, dimana orang yang paling tua akan membuka tudung saji. Sementara orang yang paling muda bertugas dalam pembagian piring.

Baca juga: Nyadran, Tradisi Umat Muslim di Jawa Menjelang Datangnya Bulan Ramadhan

Tradisi ini berawal dari keseharian warga Belitung. Dimana seorang istri memasak makanan untuk keluarga di rumah sementara sang suami bekerja menambang timah.

Ketika makanan matang, lauk pauknya disimpan di dalam tudung untuk menjaga kehangatannya. Semua anggota keluarga menunggu sang ayah pulang bekerja untuk makan bersama.

Ketika semua anggota keluarga lengkap, mereka berkumpul bersama mengelilingi bedulang itu. Nah si anak mengambilkan nasi untuk sang ayah karena anak adalah yang paling muda.

Seiring berjalannya waktu, makan bedulang dilakukan pada acara tertentu dan orang tertentu saja. Misalnya untuk orang penting pada saat acara adat, syukuran, pernikahan, kelahiran, atau sunatan. Namun sejatinya makan bedulang adalah makan bersama keluarga. (*/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post