Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Mahasiswa UNY Ubah Daun Singkong Menjadi Sabun Herbal Anti Jerawat

Ananda Aprilia dan Annisa’ Nurrohmah. Foto: Dokumentasi Universitas Negeri Yogyakarta.

Salah satu cara efektif untuk menangani jerawat dan luka adalah menggunakan sabun herbal.

JAKARTA - KABARE.ID: Ananda Aprilia dan Annisa’ Nurrohmah mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil membuat sabun herbal dari bahan daun singkong.

Mereka memilih daun singkong karena selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal, hanya sebatas dibuat sayur dan lalapan. Padahal menurut Ananda Aprilia daun singkong mengandung banyak protein, beberapa mineral, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan karoten. Selain itu daun Singkong juga mengandung banyak karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, kalsium dan air, flavonoid, saponin dan triterpenoid.

“Flavonoid dan saponin diketahui memiliki aktivitas antimikroba dan antivirus, demikian juga triterpenoid yang diketahui memiliki aktivitas antivirus dan antibakteri, serta dapat mengobati kerusakan pada kulit,” ungkap Ananda, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Universitas Negeri Yogyakarta, Rabu (11/3/2020).

Ananda menjelaskan, flavonoid memiliki aktivitas antibakteri dengan cara mengikat asam amino nukleofilik pada protein dan inaktivasi enzim. Senyawa saponin menyebabkan penurunan tegangan permukaan sel dan menyebabkan sel lisis. Senyawa tanin bekerja dengan cara mengikat dinding protein sehingga pembentukan dinding sel bakteri terhambat. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post