Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Mahasiswa IPB Buat Antiseptik dari Lendir Belut dan Kulit Pisang

Blutadine, krim penyembuh luka dengan memanfaatkan lendir belut dan kulit pisang. (Foto: ipb.ac.id)

Lima mahasiswa IPB University melakukan inovasi berupa pembuatan krim penyembuh luka dengan memanfaatkan lendir belut dan kulit pisang. Inovasi krim penyembuh luka tersebut diberi nama Blutadine.

BOGOR–KABARE.ID: Kelima mahasiswa itu adalah Futiha Hikmatul Husna, Neng Sinta Noveria Aska, Eka Apriyanti Safitri, Olin Aulia Yunia dan Muhammad Surya Fadhlurrohman yang dibimbing oleh Dr. Laksmi Ambarsari, M.Si. Inovasi ini masuk dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK).

Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, lendir belut telah diteliti memiliki khasiat dalam penyembuhan luka. Sedangkan kulit pisang memiliki kandungan zat aktif yang berfungsi sebagai antibakteri yang mampu mematikan bakteri di sekitar area luka.

“Potensi lendir belut dan kulit pisang sebagai penyembuh luka sangat besar namun pemanfaatan optimalisasinya hingga sekarang sangat minim,” kata ketua PKM K Blutadine, Futiha Hikmatul Husna.

Husna menambahkan Blutadine merupakan produk krim dari ekstrak lendir belut dan kulit pisang sebagai alternatif penyembuh dan penghilang bekas luka yang aman, efektif, dan ekonomis. Ia berharap kehadiran Blutadine dapat menyediakan alternatif obat kulit yang terjangkau dan menciptakan lapangan pekerjaan baru berbasis Usaha Kecil Menengah (UKM) sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran. (*)

Baskoro Dien

  1. Avatar
    Hairil hasun Wednesday, 31 July 2019

    Saya seorang perawat, yg membuka rumah perawatan luka di daerah saya.... Bagaimana cara sya untuk mendapatkan krim tersebut...??

KOMENTAR

Popular Post