Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Lemea, Kuliner Khas Suku Rejang Paling Tua di Bengkulu

Lemea Masakan Khas Bengkulu. (Foto: Cookpad)

Lemea adalah makanan khas dari Suku Rejang. Makanan ini terbuat dari hasil fermentasi bambou muda dan ikan air tawar.

JAKARTA – KABARE.ID: Ada banyak masakan Nusantara yang terkenal lezat dan enak. Bahkan, beberapa masakan tersebut ada yang hampir punah. Salah atau menu Nusantara yang sudah ada sejak dulu adalah Lemea. Makanan khas dari Suku Rejang, Kabupaten Lebong, Kepahiang, Bengkulu Utara ini memiliki keunikan dan sangat lezat. Makanan ini terbuat dari hasil fermentasi.

Mengutip dari Instagram @visitbengkulu, Lemea merupakan makanan khas Rejang yang berasal dari bambu muda yang dicincang dan dicampur ikan air tawar, seperti ikan mujair, sepat, maupun ikan-ikan kecil yang hidup di air tawar. Setelah cincangan rebung yang dicampur dengan ikan tersebut diaduk-aduk, maka adonan disimpan ke dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang dan ditutup rapat.

"Proses pengeraman ini bisanya minimal membutuhkan waktu tiga hari. Setelah itu, baru adonan tadi dapat dijadikan gulai sebagai lauk yang dimakan dengan nasi," tulis @visitbengkulu.

Kompoisisi utama dari kuliner ini adalah rebung atau bambu muda yang memiliki banyak nutrisi baik. Misalnya saja protein, asam amino, karbohidrat, dan juga antioksidan.

"Lemea merupakan makanan khas dari Suku Rejang. Suku Rejang merupakan suku tertua di Pulau Sumatera selain suku bangsa Melayu, suku ini menempati daerah Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Utara dan sebagian menyebar ke wilayah Sumatera Selatan," tulis Instagram @visitbengkulu

Kali ini jika tertarik mencicipi menu unik ini, Anda bisa membuat di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat Lemea khas Suku Rejang di Bengkulu? Berikut ulasan resepnya.

Bahan:
1/2 ons cabai merah yang sudah digiling
4 siung bawang merah
1/2 kg ikan laut atau ikan yang lain sesuai dengan selera
1/4 kg lemea (bambu muda yang sudah diiris dan dicincang)
Air

Cara Memasak:

1. Goreng ikan terlebih dahulu. Tumis 4 siung bawang merah. Masukan cabai giling merah 1 ons (pedas sesuai selera).

2. Masukan lemea 1/4 kg. Tambahkan air secukupnya. Masukan ikan yang sudah digoreng. Tunggu hingga mendidih. Lemea siap dihidangkan. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post