Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Layanan Kesehatan di Wondama Belum Optimal

Foto: Kabartimur.com

Banyak kampung dan distrik di Kabupaten Teluk Wondama belum mendapatkan layanan kesehatan yang baik. Untuk bisa memperbaiki hal itu, dibutuhkan peran serta dari lembaga lain yang terkait.

WASIOR – KABARE.ID: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama, Habel Pandelaki mengaku bahwa layanan kesehatan di wilayahnya belum berjalan optimal. Menurutnya masih banyak kampung dan distrik, terutama yang jauh dari pusat kabupaten, belum mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

“Puskesmas belum menjalankan tugas pokoknya dengan baik. Fungsi pelayanan dasar seperti imunisasi dan lainnya belum berjalan dengan baik, meski operasional cukup besar,” ujar Pandelaki dalam acara Rakornis Dinas Kesehatan di Gedung Sasar Wondama, Manggurai, Wasior, Selasa (5/11/2019).

Untuk bisa memperbaiki layanan kesehatan yang belum maksimal itu, menurut Pendalaki dibutuhkan peran serta dari lembaga lain yang terkait. “Akses terhadap sarana kesehatan dan pelayanan kesehatan tidak akan mungkin bisa dijangkau oleh masyarakat bila sarana transportasi belum memadai. Begitu juga sarana komunikasi, air bersih, perumahan penduduk yang sehat, serta pendidikan masyarakat yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Teluk Wondama, Bernadus Imburi saat membuka Rakornis mengingatkan bahwa Dinas Kesehatan adalah dinas besar yang memiliki anggaran dan masalah yang besar pula.

Oleh karena itu, dia berharap dalam Rakornis tersebut lembaga terkait bisa menghadirkan hal-hal positif, terutama terkait koordinasi dan kerja sama lintas sektor dalam rangka peningkatan kualitas layanan kesehatan di Wondama.

“Rakornis ini untuk meningkatkan kerja sama dan menyatukan informasi, data dan aturan serta melakukan sinkornisasi program dan kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya. Selain itu untuk melakukan evaluasi atas hasil kerja tahunan. Saya berharap kegiatan ini diikuti dengan serius,” ujar Bupati imburi. (*)

 

Sumber: Kabartimur.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post