Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Launching Festival Teluk Jailolo 2019 Bertabur Hiburan

Salah satu tari tradisional yang ditampilkan di Launching Festival Teluk Jailolo 2019. (dok. Kemenpar RI)

Salah satu pertunjukan yang ditampilkan adalah Ritual Sigofi Ngolo, sebuah upacara tradisi bersih laut dan tabur bunga yang bertujuan memohon izin kepada leluhur untuk kelancaran acara oleh masyarakat dengan berziarah ke Pulau Babua.

HALMAHERA-KABARE.ID: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat akan menyelenggarakan Festival Teluk Jailolo (FTJ) pada tanggal 24-29 Juni 2019.

Mengawali kegiatan promosi FTJ ke-11, Pemkab Halmahera Barat bersama Kementerian Pariwisata RI menggelar pre event bertajuk Launching Festival Teluk Jailolo 2019 dengan tema Pesona Budaya Kepulauan Rempah pada tanggal 6 April 2019, di Kawasan Landmark Kota Ternate.

Dalam keterangan resmi Kemenpar, Rabu (17/4), tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai langkah promosi awal dan berbagi informasi mengenai event Festival Teluk Jailolo 2019. Rangkaian acara yang ditampilkan pada pelaksanaan FTJ 2019 diantaranya:

Teater kuliner tujuh suku asli di Desa Idamdehe Gamsungi yang menawarkan edukasi wisata kuliner dengan menampilkan penganan dan makanan khas Halmahera Barat. Acara ini juga disertai dengan deskripsi dan live cooking oleh masyarakat lokal.

Wisatawan juga disuguhkan trip fun diving, fun trip Mariporoco Kahatola, ekspedisi Talaga Rano dan ekspedisi Burung Bidadari. Ada juga pesta tani yang menampilkan hasil alam potensi pertanian Halmahera Barat serta pesta panen padi ladang.

Kemudian ada pranata adat dan perdamaian, perlombaan tarian tradisional, musik yanger, akustik kebangsaan, dayung, panjat pinang, lomba gerak jalan kreasi kebangsaan,

Pada acara puncak ditampilkan persembahan teater musical dengan panggung di atas air “Sasadu On the Sea” yang merupakan ikon Festival Teluk Jailolo dan hiburan rakyat oleh artis ibukota. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post