Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Lahan Kosong di Kampung Tandia Wondama “Disulap” Jadi Kebun Sayur

Foto: Kabar

Aneka bibit yang ditanam antara lain, tomat, cabai, kacang panjang, bayam, juga tanaman palawija seperti jagung, dan lainnya.

TELUK WONDAMA – KABARE.ID: Kampung Tandia di Distrik Rasiei, Kabupaten Teluk Wondama punya cara sendiri untuk menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Dengan sistem padat karya tunai (PKT) yang dibiayai dana desa, warga setempat menyulap lahan kosong di sekitar kampung untuk dijadikan kebun sayur – sayuran. Aneka bibit yang ditanam antara lain, tomat, cabai, kacang panjang, bayam, dan tanaman palawija seperti jagung.

Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi mengapresiasi inisiatif warga setempat yang secara mandiri mengolah lahan kosong tersebut. Dengan begitu warga bisa memenuhi kebutuhan pangan tanpa harus bergantung dari bantuan pemerintah.

“Saya senang sekali dengan kegiatan ini. Kitong tidak tahu virus ini sampai kapan. Bisa dibayangkan kalau virus ini jalan terus dan kita ini kelaparan, kan lucu juga,” ujar Imburi, sebagaimana diberitakan oleh Kabartimur.com, Jumat (29/5/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Hendrik Rico Tetelepta menjelaskan bahwa Tandia menjadi kampung pertama dari 75 kampung di Teluk Wondama yang telah melaksanakan kegiatan PKT dari dana desa.

PKT sendiri merupakan salah satu kegiatan prioritas dana desa yang dianjurkan Kemendes PDT untuk penanganan dampak Covid-19. Melalui PKT, masyarakat tetap bisa mendapatkan penghasilan dari upah kerja yang dialokasikan dari dana desa. (*)

 

Sumber: Kabartimur.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post