Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Lagi, Diaspora Indonesia Buka Restoran di Amerika, Sajikan Rendang Hingga Rawon

Ilustrasi: Gulai kambing. (Shutterstock)

Tiga orang diaspora Indonesia, yakni Robert Manan, Ivan Raintung, dan Made Yata mendirikan restoran Indonesia di Georgia, Atlanta, Amerika yang diberi nama WIN – Indonesian Grill & Gastrobar. WIN sendiri merupakan singkatan dari Wonderful Indonesia.

AMERIKA-KABARE.ID: Kehadirannya restoran Indonesia di Georgia ini diperkuat oleh Executive Chef Yono Purnomo yang juga memiliki restoran Indonesia, Yono's Restaurant di Albany, New York.

WIN  – Indonesian Grill & Gastrobar menyajikan fushion hidangan nusantara dengan tampilan dan bahan baku barat seperti rendang beef short ribs, New York strip rawon, sari kaya crème brulee, hingga gule kambing chop.

Meskipun dipadupadankan dengan lidah orang Amerika, para pemilik WIN  – Indonesian Grill & Gastrobar memastikan agar cita rasa sajian di restoran tersebut tetap khas otentik Indonesia.

Baca juga: Diaspora Indonesia Buka Warung Padang di Amerika

Duta Besar RI untuk AS, Budi Bowoleksono, didampingi oleh Konsul Jenderal RI Houston, Dr. Nana Yuliana, hadir dalam pembukaan restoran tersebut. Dalam sambutannya, Dubes Bowo Leksono menekankan pentingnya kuliner dalam dunia diplomasi.

“Diskusi saat sarapan, makan siang, atau makan malam, merupakan kesempatan yang baik untuk membangun rasa saling percaya antar pihak sehingga komunikasi berjalan dengan baik dan lebih cair,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis, (7/2/2019).

Bahkan, menurut Bowo, banyak kesepakatan yang bisa dicapai di meja makan, saat tidak bisa dicapai di meja sidang.

Duta Besar yang juga chef ini mengungkapkan makanan merupakan salah satu cara termudah untuk lebih memahami budaya sebuah Negara. Apalagi kuliner Indonesia tidak hanya tentang makanan, tetapi juga sebuah representasi budaya, keberagaman, kekayaan dan keunikan Indonesia.

Setiap daerah dari 17.000 pulau di Indonesia menggunakan bumbu dan rempah yang berbeda untuk setiap masakan, juga menggunakan cara meracik dan memasak yang beragam. Bowo berharap keberadaan WIN  – Indonesian Grill & Gastrobar merupakan jendela bagi masyarakat Atlanta dan sekitarnya untuk mengenal Indonesia lebih jauh.​

Baca juga: Sasar Wisman, Indonesia Buka Restoran di Tiongkok

Pemerintah Kota Atlanta menyambut baik kehadiran restoran Indonesia yang berlokasi di 2285 Peachtree Road NE, Suite 100 Atlanta, GA 30309, USA. Keberadaan retoran ini diharapkan dapat menjadi alternatif tujuan kuliner di Atlanta dan memperkaya posisi Atlanta sebagai kota internasional di bagian selatan AS. 

WIN  – Indonesian Grill & Gastrobar di Atlanta menambah jumlah restoran Indonesia di bagian selatan Amerika Serikat. Hingga Februari 2019, KJRI Houston mencatat ada 15 restoran baik fine dining maupun casual dining yang menyajikan menu Indonesia di Texas, Florida, Georgia, dan Oklahoma. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post