Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Kunjungan Kerja Hari Pertama Presiden di Garut

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan rumah susun di Ponpes Darul Arqam Muhammadiyah, di Desa Ngamplangsari, Cilawu, Garut, Jumat (18/1/2019). (Foto: BPMI)

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Garut. Pada hari pertama (18/1/2019), Presiden menyerahkan sertifikat tanah wakaf hingga meninjau pembangunan rumah susun di Pondok Pesantren Darul Arqam, Garut.

GARUT-KABARE.ID: Pada 18 januari 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 257 sertifikat tanah wakaf bagi masjid, musala, dan lembaga-lembaga pendidikan yang tersebar di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Ciamis.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 12 orang perwakilan penerima di Masjid Besar Cibatu, Garut, selepas pelaksanaan salat Jumat. Penyerahan sertifikat tanah wakaf dilakukan untuk mengindari sengketa lahan di kemudian hari.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengabarkan bahwa jalan tol Cigetas yang menghubungkan Cileunyi, Garut, dan Tasikmalaya akan mulai dibangun pada tahun ini. Rencananya, pembangunan jalan tol itu akan dikerjakan begitu pemenang lelang tender proyek pembangunan oleh Kementerian PUPR diketahui.

Jokowi juga sempat meninjau panel reaktivasi jalur kereta api Stasiun Cibatu-Garut-Cikajang yang memiliki panjang kurang lebih 18 kilometer. Reaktivasi jalur tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Barat, khususnya Kabupaten Garut yang memiliki produk-produk unggulan.

Jokowi kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya dengan meninjau program pemasangan instalasi listrik PLN gratis untuk rumah tangga miskin dan rentan miskin yang ada di Dusun I Kampung Pasar Kolot, Cibatu, Garut.

Presiden Jokowi meninjau program pemasangan instalasi listrik PLN gratis, di Dusun I Kampung Pasar Kolot, Cibatu, Garut, Jumat (18/1/2019). (Foto: BPMI)

 

Hingga akhir Desember 2018, pemerintah melalui program tersebut telah melakukan realisasi sambungan listrik gratis bagi 100.970 KK di sejumlah wilayah Jawa Barat. Khusus Kabupaten Garut, sebanyak 30.937 KK telah menikmati layanan sambungan instalasi listrik PLN gratis.

Program ini disokong oleh 34 BUMN. Dalam pelaksanaanya, masyarakat mendapatkan penyambungan listrik dengan daya 450 VA. Daya tersebut cukup untuk menggunakan TV, penanak nasi, dan menyalakan lampu.

Kunjungan kerja Presiden pada hari itu ditutup dengan berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Arqam Muhammadiyah di Desa Ngamplangsari, Cilawu, Garut. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi meninjau perkembangan proyek pembangunan rumah susun di ponpes tersebut.

Rusun Ponpes Darul Arqam dibangun dengan bantuan pemerintah melalui Kementerian PUPR. Rusun tersebut terdiri dari tiga lantai, 12 barak, dan mampu menampung 216 santri. Selain membangun rusun di Ponpes Darul Arqam, Jokowi berjanji bahwa pemerintah akan terus membangun ketersediaan hunian layak bagi para santri di seluruh pelosok Tanah Air. (BPMI/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post