Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Kopi Boran, Kopi Susu Khas Thailand yang Lahir Saat Perang Dunia ke-2

Mister Ichitan saat mempromosikan Ichitan Thai Milk Coffee di Jakarta, Kamis (14/3/2019). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

Kopi Boran adalah sebutan kopi susu tradisional Thailand. Kopi jenis ini dibuat dengan campuran berbagai bahan, mulai dari beras merah, hingga biji asam Jawa.

JAKARTA-KABARE.ID: Sejak pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3.000 tahun yang lalu, kopi terus berkembang hingga saat ini dan menjadi salah satu minuman paling populer di dunia.

Membahas kopi, tentu akan sangat panjang, karena ada banyak sekali inovasi rasa, juga biji kopi yang berbeda di setiap daerah di belahan dunia.

Salah satu sajian kopi yang unik adalah kopi Boran, yakni kopi susu tradisional Thailand, yang konon dikembangkan saat terjadi perang dunia II.

Untuk mencicipi minuman satu ini, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Thailand, karena salah satu perusahaan Thailand yang beroperasi di Indonesia sudah memproduksi dan mendistribusikanya untuk masyarakat di Indonesia.

“Dibuat dari kopi asli dan diolah dengan cita rasa khas Thailand, membuat kopi buatan kami berbeda dari minuman kopi lainnya, sehingga menjadi sensasi baru bagi para penikmat kopi,” ujar Tan Passakornnatee, CEO Ichitan Group PLC, dalam acara peluncuran Ichitan Thai Milk Coffee di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Lebih lanjut, CEO yang akrab disapa Mister Ichitan ini mengatakan bahwa orang-orang Thailand menambahkan gula merah, jagung, beras merah, wijen, kacang kedelai, garam, mentega, juga biji asam Jawa ketika proses roasting kopi Boran. Lalu pada saat penyajian, racikan kopi tersebut diberi sentuhan akhir susu cair untuk menghasilkan citarasa yang unik.

Mister Ichitan pun mengklaim bahwa rasa Ichitan Thai Milk Coffee sangat identik dengan kopi Boran khas Thailand. “Ya, bisa saya katakan 99 persen rasanya mirip dengan kopi Boran Thailand,” ujarnya.

Sekedar informasi, Ichitan adalah perusahaan asal Thailand yang memproduksi minuman berbasis teh. Perusahaan ini didirikan oleh Mister Ichitan pada 2010, dan dalam waktu dua tahun mampu menjadi pemimpin pasar di Thailand.

Pada 2014, Ichitan mendirikan pabrik di Indonesia bersama PT. Atri Pasifik. Uniknya, Indonesia adalah satu-satunya negara yang dipilih oleh Ichitan untuk mendirikan pabrik. Sementara di negara lain, produk Ichitan hanya masuk melalui jalur ekspor. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post